Rio de Janeiro (ANTARA News) - Panitia Olimpiade Rio menyatakan mereka akan mengganti bendera resmi Olimpiade untuk China pada Senin (8/8), setelah penemuan kesalahan desain bendera yang menyebabkan kemarahan di Tiongkok.

Seorang juru bicara menegaskan bahwa desain bendera tersebut telah disetujui oleh pejabat China tetapi dia mengatakan bahwa produsen bendera itu saat ini sedang berusaha memproduksi bendera dengan desain yang benar.

Bendera dengan empat bintang emas kecil pada emblem China yang mengarah ke atas, bukan ke arah bintang yang lebih besar sebagaimana seharusnya, memicu saling tuduh di antara patriotik China.

"Kami paham bahwa ada masalah dengan benderanya," kata juru bicara Olimpiade Mario Andrada.

"Anda harus sangat familiar dengan bendera China. Namun, kami perlu memperbaikinya."

Desain bendera China sangat simbolis, karena bintang terbesar dalam bendera itu mempresentasikan Partai Komunitas dan bintang yang lebih kecil menunjukkan dukungan dari empat kelas di lapisan masyarakat Tiongkok: pekerja, petani, borjuis kecil perkotaan dan borjuis nasional.

Konsulat Jenderal China menyampaikan pengaduan resmi ke komite penyelenggara, yang membawa masalah itu ke perusahaan pembuat bendera tersebut.

"Kemarin kami berhasil menghubungi perusahaan yang membuat bendera itu dan sekarang mereka sedang membuat bendera dengan desain yang benar," kata Andrada.

Akibat kesalahan desain bendera itu, seorang pengguna Internet dari China menuduh penyelenggara "berencana' menentang China, sementara yang lain mengatakan mereka punya "permusuhan jelas" terhadap negara tuan rumah Olimpiade 2008 itu.(kn)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2016