Serangan udara militer Afghanistan tewaskan 40 gerilyawan Taliban

Serangan udara militer Afghanistan tewaskan 40 gerilyawan Taliban

Warga Pakistan anggota Taliban, yang ditangkap oleh polisi perbatasan Afganistan, berdiri selama presentasi senjata yang disita dan peralatan kepada wartawan di Kabul, Afganistan, Selasa (5/1/2016). (REUTERS/Omar Sobhani)

Lashkar Gah, Afghanistan (ANTARA News) - Serangan udara terhadap kelompok Taliban di Provinsi Helmand telah menewaskan 40 gerilyawan dan melukai 45 orang lagi, kata pemerintah provinsi di dalam satu pernyataan yang disiarkan di Lashkar Gah, Selasa.

"Serangan udara dilancarkan terhadap rombongan Taliban di Wilayah Tarikh Nawar di antara Kabupaten Marja dan Nawar pada Ahad malam (7/8), sehingga menewaskan 40 gerilyawan dan melukai 45 orang lagi," kata pernyataan tersebut, lapor Xinhua-OANA.

Menurut pernyataan itu, rombongan Taliban tersebut bergerak dari Kabupaten Nawa menuju Kabupaten Marja untuk memerangi pasukan pemerintah, demikian laporan Xinhua. Tapi pasukan pemerintah melancarkan serangan pendahuluan dan menghancurkan rombongan itu serta menggagalkan rencana mereka.

Delapan gerilyawan, kata pernyataan tersebut, juga tewas di Kabupaten Gereshk --yang berdekatan-- pada Ahad malam.

Anggota Taliban --yang telah menantang pasukan pemerintah di beberapa kabupaten Provinsi Helmand-- belum mengeluarkan komentar.

Provinsi Helman, yang bergolak dan memiliki nama buruk sebagai tempat penanaman opium dan fanatisme, dengan Lashkar Gah sebagai Ibu Kotanya terletak 555 kilometer di selatan Ibu Kota Afghanistan, Kabul, dan telah menjadi ajang perlawanan yang meningkat selama dua tahun belakangan.
(Uu.C003)

Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Komentar