Kami sedang melakukan pemeriksaan sekaitan dengan kejadian (perkelahian) yang melibatkan personil TDRM dengan anggota Polsek Krayan."
Nunukan (ANTARA News) - Oknum Tentara Diraja Malaysia adu jotos dengan anggota Polsek Kecamatan Krayan Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, pada 7 Agustus 2016 sekitar pukul 23.00 waktu setempat.

Komandan Kodim 0911-Nunukan, Letkol Kav Valian Wicaksono di Nunukan melalui pesan singkat, Rabu, membenarkan, peristiwa itu berlangsung antara aparat kedua negara pada sebuah Cafe Lambada di Long Midang Kecamatan Krayan.

Kronologis kejadiannya, pada hari itu sekitar pukul 20.00 wita empat personil TDRM dipimpin Sergeant Sylvester yang bertugas di Pos Gabungan Bersama Long Midang memasuki wilayah Indonesia tanpa koordinasi dengan Satgas Pamtas 713 yang sedang menjaga wilayah perbatasan RI-Malaysia di Long Midang Kecamatan Krayan.

Pada saat itu, personil TDRM tersebut mendatangi rumah Dess, warga Long Midang sekitar 1,5 kilometer dari pos gabma itu selanjutnya mengunjungi Cafe Lambada sekitar satu jam perjalanan menggunakan kendaraan roda empat.

Ketika tiba di cafe itu, personil TDRM bersama warga setempat bernama Dess memesan minuman beralkohol yang menyebabkan mabuk. Tiba-tiba petugas kepolisian Polsek Krayan bernama Bripka Yagung meminta mic dari tangan Dess yang sedang menyanyi namun menolak yang menyebabkan terjadilah perkelahian yang juga melibatkan Kopral Sobri (TDRM Malaysia).

Akibat perkelahian tersebut, Personil TDRM mengalami luka-luka atau robek pada bagian kepala lalu dilarikan ke Pos Gamba Long Midang untuk dirawat sedangkan Bripka Yagung mengalami luka pada bagian kepala pula dengan mendapatkan perawatan di Puskesmas Long Bawan.

Sehubungan dengan kasus itu, pihaki TDRM, Satgas Pamtas Yonif 713, Polsek Krayan dan tokoh mnasyarakat langsung melakukan koordinasi guna mengantisipasi adanya kesalahapahaman.

Valian Wicaksono yang dikonfirmasi sedang berada di Long Midang setelah mendapatkan laporan mengatakan, sedang dilakukan pemeriksaan terhadap TDRM dan aparat kepolisian yang berkelahi tersebut.

"Kami sedang melakukan pemeriksaan sekaitan dengan kejadian (perkelahian) yang melibatkan personil TDRM dengan anggota Polsek Krayan," ujar dia.

Pewarta: M Rusman
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016