Rio de Janeiro (ANTARA News) - Kedutaan Besar RI untuk Republik Federal Brasil berencana memindahkan tempat upacara peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-71 pada 17 Agustus mendatang dari ibu kota Brasilia ke Rio de Janeiro.

Duta besar RI di Brasil, Toto Riyanto mengatakan, rencana menggelar peringatan HUT RI di Rio de Janeiro tersebut berkaitan dengan digelarnya Olimpiade yang juga diikuti delegasi-delegasi olahraga Indonesia.

"Kami merencanakan menggelar acara peringatan HUT RI di rumah yang menjadi posko kita selama Olimpiade di Rio de Janeiro ini," kata Toto di Rio de Janeiro, Kamis.

Kantor Kedubes RI berada di Brasilia, yang berjarak 1.200 kilometer dari Rio de Janeiro. Namun selama Olimpiade, Dubes beserta sebagian besar stafnya pindah sementara ke Rio de Janeiro untuk membantu delegasi olahraga Indonesia.

"Selain upacara, dalam peringatan HUT RI ini juga akan diadakan silaturahim dengan masyarakat Indonesia di Brasil dan delegasi olahraga Indonesia di Olimpiade," kata Toto.

Kontingen Indonesia kemungkinan tidak bisa semuanya mengikuti upacara, karena pada 17 Agustus digelar pertandingan babak perempat final dan final cabang bulu tangkis.

Dubes Toto mengatakan akan tetap berusaha menggalang suporter bagi tim Indonesia, terutama untuk cabang bulu tangkis yang mulai bertanding Kamis ini.

"Di Rio de Janeiro sendiri hanya ada lima keluarga awal Indonesia. Yang banyak ada di Sao Paulo," kata Toto.

Ia berharap warga Indonesia yang berdomisili di Sao Paulo, 430 kilometer dari Rio de Janeiro,  datang untuk mendukung tim olahraga Indonesia di Olimpiade.

Di Sao Paulo terdapat sekitar 400 keluarga asal Indonesia.

Pewarta: Teguh Handoko
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016