Jakarta (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat Indonesia berani keluar dari zona nyaman demi memenangkan kompetisi antar negara yang luar biasa kerasnya.

"Sekarang kita berada pada era persaingan global. Kompetisi antar negara luar biasa kerasnya, luar biasa sengitnya. Untuk memenangkan kompetisi untuk menjadi bangsa pemenang, kita harus berani keluar dari zona nyaman," kata Presiden saat membacakan pidato kenegaraan di Sidang Tahunan MPR 2016, di Gedung Nusantara, Jakarta, Selasa.

"Kita harus kreatif, optimis, bahu-membahu dan melakukan terobosan-terobosan. Semua itu demi mempercepat pembangunan nasional, demi meningkatkan daya saing kita sebagai bangsa," imbuh dia.

Tanpa keberanian keluar dari zona nyaman, lanjut Presiden, maka masyarakat akan terus dihadang masalah kemiskinan, pengangguran, ketimpangan dan kesenjangan sosial.

Sejalan dengan itu, diperlukan pula langkah-langkah terobosan, lembaga-lembaga negara yang kuat untuk mengatasi masalah-masalah itu.

"Diperlukan langkah-langkah terobosan, diperlukan kecepatan kerja, diperlukan lembaga-lembaga negara yang kuat dan efektif untuk mengatasi tiga masalah utama bangsa tersebut," tutur Presiden.

Selain itu, lanjut dia diperlukan pula keteguhan dalam menjunjung ideologi bangsa, konstitusi negara dan nila-nilai keutamaan bangsa.

"Tanpa itu kebesaran kita sebagai bangsa akan punah, akan digulung oleh arus sejarah. Kita tidak mau itu terjadi," tegas Presiden.

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2016