Jakarta (ANTARA News) - Wesley Sneijder mencetak gol untuk menyelamatkan Belanda dari kekalahan menyusul hasil imbang 1-1 atas Swedia pada laga pertama Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2018 di Stadion Friends, Solna, Rabu dini hari WIB.

Gol bekas pemain Inter Milan itu setidaknya meringankan tekanan di pundak pelatih Danny Blind yang gagal masuk Piala Eropa 2016 bahkan dikalahkan Yunani pada laga persahabatan di Stadion Philips pada 2 September lalu.

Blind harus menemukan solusi tepat untuk membangun kembali skuat Belanda yang tumpul di depan serta rapuh di lini belakang yang menjadi penyebab tidak konsistennya permainan mereka.

Belanda akan menghadapi Belarusia, dan Swedia bertemu Luksemburg pada laga kedua kualifikasi pada 8 Oktober mendatang.

Oranye tertinggal 0-1 lewat gol yang diciptakan Marcus Berg pada menit 43. Penyerang klub Yunani Panatihinaikos itu mencetak gol dengan cara mencuri bola dari gelandang Belanda, Kevin Strootman, kemudian menggiringnya dan melepaskan sepakan ke gawang Zoet.

Belanda berhasil menyamakan kedudukan saat barisan pertahanan Swedia tak mampu menutup ruang tembak Wesley Sneijder yang melepaskan tendangan akurat pada menit 67. Skor menjadi 1-1.

Bast Dost mencetak gol untuk Belanda saat laga memasuki menit 90+1. Namun selebrasi Dost langsung berhenti saat wasit membatalkan gol itu karena dinilai berada dalam posisi offside, skor 1-1 bertahan hingga laga selesai demikian Skysports.

Susunan pemain:

Swedia (4-4-2):
Olsen; Lustig, Lindelof, Granqvist, Wendt; Rohden, Fransson, Hiljemark, Forsberg; Guidetti, Berg.

Belanda (4-3-3):
Zoet; Janmaat, Bruma, Van Dijk, Blind; Strootman, Wijnaldum, Sneijder; Klaassen, Janssen, Promes.

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2016