Jakarta (ANTARA News) - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk berkomitmen mewujudkan sinergi BUMN melalui layanan "e-commerce" miliknya blanja.com, sebagai pasar digital bagi produk-produk ritel dan UKM binaan sejumlah perusahaan milik negara.

"Para UKM memiliki kekuatan besar dan mampu merubah wajah perekonomian Indonesia di masa depan melalui produk-produk berkualitas. Melalui digital commerce, kami mendukung dan membina bisnis UKM agar dalam berusaha semakin mudah dan modern," kata Direktur Digital and Strategic Portfolio Telkom, Indra Utoyo di Jakarta, Sabtu.

Di sela-sela Indonesia Business & Development Expo (IBDEXPO) 2016, ia mengatakan, beberapa perusahaan BUMN yang telah bergabung di blanja.com diantaranya Pertamina Lubricants, BULOG, Kimia Farma, Pupuk Indonesia, dan beberapa perusahaan BUMN lainnya.

Selanjutnya produk retail dari BUMN itu sendiri seperti Telkom Indonesia, PNM (Permodalan Nasional Madani), Jasa Raharja, dan Pertamina juga memiliki banyak mitra binaan UKM masing-masing yang telah menyediakan produk-produk mitra UKM unggulannya.

Selain menghadirkan produk-produk BUMN dan UKM BUMN, blanja.com juga dipercaya untuk memberikan pelatihan dan pendampingan secara berkesinambungan kepada mitra binaan UKM BUMN tersebut.

Saat ini, produk UKM binaan BUMN sudah mencapai hingga 2.600 produk. "Sinergi BUMN yang telah diwujudkan, akan memperkuat ekosistem e-commerce di Indonesia, sejalan dengan tekad membangun masyarakat digital Indonesia," kata Indra.

Sementara itu CEO blanja.com Aulia E. Marianto mengatakan, akan terus mengajak lebih banyak lagi pelaku-pelaku UKM, khususnya UKM yang menjadi mitra binaan BUMN karena platform e-commerce bisa menjadi jembatan bagi mereka untuk bersaing secara global.

"Blanja.com konsisten dengan model bisnis open marketplace dengan dukungan Telkom Indonesia sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia dan eBay sebagai pemain ecommerce raksasa dunia," kata Aulia.

Hingga Agustus 2016, telah tercatat lebih dari 7.300 penjual yang telah bergabung dan 80 persen diantaranya merupakan para pemain UKM lokal, baik secara personal maupun perusahaan kecil.

Hadir pada ajang IBDEXPO 2016, blanja.com turut meramaikan kegiatan forum bisnis dan pameran dagang berskala nasional dan internasional guna mewujudkan sinergi kemitraan.

Blanja.com menawarkan kemudahan bagi BUMN dan para pelaku UKM untuk menuju penjualan digital melalui e-commerce dan solusi telekomunikasi di dalamnya termasuk penyediaan akses data, solusi bisnis dan pengembangan bisnis.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016