Yogyakarta (ANTARA News) - Pemerintah Kota Yogyakarta bekerja sama dengan perusahaan komputer IBM berupaya mengembangkan kota pintar (smart city) berbasis budaya untuk mewujudkan penduduk yang cerdas (smart citizen).

"Payung induk pengembangan smart city di Kota Yogyakarta adalah smart culture. Artinya, berbagai model pengembangan smart city yang akan dilakukan harus bermuara pada budaya Yogyakarta yang santun," kata Kepala Bagian Teknologi Informasi dan Telematika (TIT) Pemerintah Kota Yogyakarta Sukadarisman usai penandatangan kerja sama dengan IBM di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, dengan berpedoman pada budaya yang ada di Kota Yogyakarta, maka pengembangan kota pintar yang di dalamnya melibatkan penggunaan teknologi informasi yang semakin canggih, tidak akan meninggalkan karakter dari Kota Yogyakarta itu sendiri.

Ia berharap, kerja sama yang terjalin antara Pemerintah Kota Yogyakarta dengan salah satu perusahaan perangkat keras dan lunak komputer tersebut akan mempercepat terwujudnya kota pintar dan penduduk cerdas di Kota Yogyakarta.

Beberapa bantuan yang nantinya akan diberikan oleh perusahaan komputer tersebut adalah penguatan sistem informasi, infrastruktur dan warehouse data.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Yogyakarta Edy Muhammad mengatakan, bidang sasaran pengembangan smart city di Kota Yogyakarta adalah pendidikan dan pariwisata yang kemudian terbagi menjadi beberapa bidang lain seperti lingkungan, pemerintahan, ekonomi, masyarakat, dan manajemen kebencanaan.

Selama ini, program smart city di Kota Yogyakarta sudah diwujudkan dalam berbagai pelayanan publik di antaranya pendaftaran sekolah secara online, pelayanan keluhan dan informasi, pelayanan pendampingan belajar siswa serta administrasi pemakaman.

Sementara itu, Country Manager Communication and Public Service PT IBM Indonesia Ronny Sumantri mengatakan, kerja sama yang ditawarkan adalah memberikan wawasan kepada Pemerintah Kota Yogyakarta untuk mengembangkan konsep kota pintar.

"Kota Yogyakarta sudah memiliki infrastruktur yang bagus untuk bisa mewujudkan smart city. Bagaimanapun juga, tujuan akhir dari pengembangan smart city adalah memberikan kenyamanan bagi warga untuk tinggal termasuk kemudahan mengakses layanan publik dan kegiatan ekonomi," katanya.

Ia mengatakan, akan ada semacam cetak biru konsep smart city dan Pemerintah Kota Yogyakarta bisa dengan mudah mengimplementasikannya.

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016