Jakarta (ANTARA News) - Cendikiawan Aliansi Kebangsaan Yudi Latif menyampaikan bahwa nilai-nilai Pancasila harus menjadi gaya hidup atau lifestyle sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

"Dengan menjadikan nilai-nilai Pancasila sebagai gaya hidup, maka kita bisa mewujudkan ke-Bhineka Tunggal Ika-an," kata Yudi Latif saat diskusi bertema "Implementasi Nilai-nilai Pancasila" di Jakarta, Senin.

Yudi menyampaikan, Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa perlu diterapkan menjadi pendirian hidup yang mencerminkan kehidupan sehari-hari.

Menurut Yudi, Pancasila yang selama ini diajarkan dalam lembaga pendidikan, seringkali berhenti sebagai sebuah pemahaman, namun masih belum diterapkan dalam kehidupan masyarakat.

"Orang tahu rumusan Pancasila, paham Pancasila, tapi gagal menjadikan Pancasila sebagai pendirian hidup," katanya.

Yudi menambahkan, Pancasila sebagai prinsip hidup perlu diterapkan kepada masyarakat sejak usia dini, misalnya di usia sekolah.

Ia mencontohkan, anak-anak usia sekolah misalnya diajarkan untuk hidup rukun dan damai di tengah perbedaan agama dan kebudayaan di Indonesia.

"Itu adalah contoh kecil yang bisa diimplementasikan. Sehingga Pancasila sebagai pandangan hidup bisa dibiasakan sejak kecil dan menjadi gaya hidup," kata dia.

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2016