West Hartford, Connecticut (ANTARA News) - Patung styrofoam DOnald Trump dengan rambut berkibar dan Hillary Clinton di atas keledai maskot partai Demokrat berada di antara zombie dan tengkorak, pada pameran di pinggir jalan Connecticut menjelang Halloween.

Sebulan menjelang pemilihan presiden Amerika Serikat pada 8 November, profesor sejarah Matt Warshauer dari West Hartford menjadikan Halloween untuk membuat pernyataan politik.

Warshauer membuat patung berbahan kardus calon presiden dari Partai Republik Donald Trump setinggi 2,4 meter, lengkap dengan penjaga bersenjata, di depan rumahnya.

“Ini pemilihan presiden yang gila, kelihatannya politik di luar kontrol,” kata Warshauer yang mengajar di Central Connecticut State University seperti dikutip Reuters.

“Saya membuat pernyataan untuk kedua pihak, Republik dan Demokrat, tapi yang utama Donald Trump jadi presiden.”

Warshauer baru mendirikan patung itu Sabtu (1/10) namun belakangan menyatakan sudah merencanakannya sejak beberapa bulan lalu.

Patung tengkorak lainnya memegang tulisan “kita semua dulu imigran”, ada juga tulisan “kami bukan penjahat”, mengacu pada rencana Trump mengekang imigrasi ilegal.

Kampanye presiden AS banyak diminati mnejelang Halloween pada 31 Oktober mendatang, penjualan topeng calon presiden maupun parade rakyat bertema pemilu.

Warhsauer, yang selalu membuat patung untuk Halloween selama lebih dari sepuluh tahun, selalu memasukkan pesan politik.

Tahun lalu, ia membuat Vietnam Veterans Memorial untuk memperingati Perang Vietnam yang ke-50 tahun.

Sebelumnya, ia membuat koloseum Roma dan patung lainnya bertema Perang Dunia.

“Saya harap orang-orang merayakan semangat Halloween, kalau saya, saya bersenang-senang dan membuat pernyataan politik,” kata Warshauer tentang tema tahun ini.

Penerjemah: Natisha Andarningtyas
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2016