Jakarta (ANTARA News) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Ade Komarudin bertemu dengan Menteri Pertahanan Nasional Yunani Panos Kammenos di Gedung DPR, Kamis (3/10) untuk membahas kerja sama dalam bidang pertahanan dan perdagangan.

“Tadi, saya sampaikan kita akan meningkatkan hubungan lebih dalam lagi terutama di bidang pertahanan, perdagangan,” kata Ade yang ditemui usai pertemuan tersebut.

Hubungan kerja sama dalam bidang perdagangan perlu dikuatkan karena neraca perdagangan sempat menurun ketika Yunani mengalami krisis ekonomi.

Selain itu, Indonesia dan Yunani juga telah menandatangani nota kesepahaman dalam bidang pertahanan. Ade berpendapat kerja sama tersebut mungkin akan melibatkan badan usaha milik negara (BUMN) yang aktif dalam pengadaan alat utama sistem pertahanan (alutsista).

Ade Komarudin menilai karakter negara Yunani mirip dengan Indonesia, misalnya masyarakat yang hidup di negara kepulauan.

Selain itu, beberapa tahun lalu Yunani diguncang krisis ekonomi hebat, seperti Indonesia pada 1998 lalu, namun segera bangkit.

“Dan sekarang kelihatannya sangat agresif melakukan hubungan dengan banyak negara, termasuk Indonesia,” kata Ade.

Kammenos, seperti yang disampaikan Ade, menyampaikan undangan kepada parlemen Indonesia untuk berkunjung ke Yunani, yang mungkin akan dijadwalkan tahun depan.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016