Jakarta (ANTARA News) - Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan mengerahkan 50 bus PPD untuk membantu memulangkan para pendemo yang masih beraksi hingga Jumat (4/11) malam.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Pudji Hartanto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu, mengatakan sebanyak 50 bus itu telah disiapkan di depan gedung DPR RI pada Sabtu pagi (5/11).

Pengerahan 50 bus PPD tersebut langsung di koordinir oleh Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Pudji Hartanto.

Hal utu dilaksanakan atas perintah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi agar tetap menjadi pelayan masyarakat.

"Pengerahan bus ini atas instruksi langsung Bapak Menteri Perhubungan,agar negara tetap melayani publik walaupun itu pengunjuk rasa," kata Pudji.

Dia merinci, sebanyak 15 bus PPD dikerahkan untuk memulangkan para pengunjuk rasa kembali ke wilayah Jabodetabek, sementara lima Bus PPD untuk ke daerah lainnya seperti Cirebon dan Lampung serta 30 bus PPD disiagakan di kantor Kementerian Perhubungan.

"Layanan ini diberikan secara gratis tanpa di pungut bayaran," katanya.

Pudji berpesan kepada para pengemudi bus untuk tidak lupa berdoa, disiplin lalu lintas, istirahat bila mengantuk, antar sampai tujuan dan berhenti di tempat aman atau terminal kota tujuan, dilarang memungut biaya dan lapor petugas bila ada hal-hal yang menyimpang.

"Selain itu, saya tegaskan dilarang memungut biaya, dan lapor kepada petugas bila ada permasalahan. Atas nama Bapak Menteri Perhubungan, diucapkan selamat bertugas," katanya.

Pewarta: Juwita TR
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016