Seoul (ANTARA News) - Korea Selatan (Korsel) memberikan hadiah ulang tahun yang sempurna bagi pelatih Uli Stielike dengan mengamankan kemenangan 2-1 atas Uzbekistan pada Selasa, yang menghembuskan nafas baru bagi perjalanan mereka di kualifikasi Piala Dunia.

Kemenangan ini mendongkrak Korsel melampaui Uzbekistan menuju peringkat kedua di Grup A pada separuh perjalanan putaran kualifikasi final zona Asia, selevel sepuluh angka dengan Iran, yang akan bermain melawan Suriah pada Selasa malam, lapor Reuters.

Dua tim teratas di Grup A dan B lolos otomatis ke Piala Dunia 2018 di Rusia, sedangkan tim-tim peringkat ketiga akan bertemu untuk menentukan tim mana yang akan melaju ke playoff zona CONCACAF-Asia untuk memperebutkan satu tempat di putaran final.

Korsel terlihat seperti bayang-bayang tim yang mencapai final Piala Asia tahun lalu dan menuju turun minum dengan tertinggal 0-1, setelah Marat Bikmaev memaksimalkan sapuan buruk kiper Kim Seung Gyu untuk melengkungkan bola ke gawang yang kosong dari jarak 25 meter.

Tuan rumah mendominasi penguasaan bola pada 45 menit pembukaan tanpa terlihat akan mengancam, namun mereka memperlihatkan gebrakan yang lebih nyata setelah turun minum dan menyamakan kedudukan pada menit ke-67.

Bek Park Joo Ho melesat dan umpan silangnya ke tiang jauh disambar tandukan kepala Nam Tae Hee.

Stielike, yang merayakan ulang tahun ke-62nya, memasukkan penyerang jangkung Kim Shin Wook dan bek Hong Chul, dan kedua pemain pengganti ini bekerja sama untuk membukukan gol penentu kemenangan.

Hong mengirim umpan silang dari sisi kiri, Kim menaklukkan seorang pemain bertahan untuk mengoperkan bola melintasi mulut gawang dan Koo Ja Chaeol berlari di belakang lini belakang untuk memasukkan bola lima menit sebelum pertandingan usai.

Setelah kalah 0-1 dari Iran pada pertandingan kualifikasi terakhir mereka, Stielike senang timnya mampu mematahkan pertahanan ketat Uzbekistan, yang hanya kemasukan dua gol dalam tujuh pertandingan terakhir mereka.

"Kami tahu akan seberapa sulitnya pertandingan ini sebelum kami memulainya," kata pria asal Jerman ini kepada para pewarta. "Saya puas dengan bagaimana para pemain mengatasinya... Kami layak atas kemenangan."

Korsel akan melawat ke China ketika kualifikasi Piala Dunia dilanjutkan pada Maret, sedangkan Uzbekistan akan berhadapan dengan Suriah.
(Uu.H-RF/I015)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016