Sangat luar biasa bagi saya...."
Kudus (ANTARA News) - Tidak hanya dari kalangan pemerintah, militer atau akademisi, Empat Pilar MPR RI mulai diminati oleh perusahaan swasta untuk disosialisasikan kepada karyawannya.

"Biasanya peserta sosialisasi dari kalangan pemerintah, militer, polisi, ormas, parpol dan akademisi kampus, tetapi ternyata perusahaan swasta berminat juga," kata Sekretaris Jenderal MPR RI Ma'ruf Cahyono dalam sosialisasi kepada ratusan karyawan perusahaan di Kudus, Jawa Tengah, Kamis.

Ia mengatakan, ketertarikan perusahaan swasta terhadap pemahaman Empat Pilar MPR yang terdiri dari Pancasila, UUD NKRI Tahun 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika itu, patut dihargai.

"Sangat luar biasa bagi saya. Pekerja perusahaan kan warga negara juga, itu hanya profesi. Intinya, sebagai warga negara memiliki hak konstitusi yang sama, hak demokrasi yang sama, kewajibannya juga sama," kata Ma'ruf.

Pemasyarakatan Empat Pilar, lanjut dia, diperuntukkan untuk semua elemen masyarakat tanpa kecuali. Pemahaman Empat Pilar MPR menyentuh seluruh segmentasi dari anak kecil sampai dewasa.

"Empat pilar adalah universal. Dalam melakukan sosialisasi, MPR memang tidak boleh mendiskriminasi, termasuk pihak swasta semua memiliki hak yang sama. Bahkan sangat bagus jika pihak swasta memahami Empat Pilar MPR maka akan terinternalisasi dalam lingkungan kerja mereka," katanya.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2016