Pontianak (ANTARA News) - Jaringan transmisi 275 Kv yang menghubungkan listrik dari Sesco Malaysia - Bengkayang, Indonesia disambar petir sehingga mengakibatkan enam daerah di Kalbar padam total.

"Peristiwa tersebut terjadi pada pukul 17.50 WIB. Akibatnya padam total pada Sistem Khatulistiwa yang memasok listrik untuk enam daerah yakni Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Mempawah, Kota Singkawang, Kabupaten Sambas dan Kabupaten Bengkayang," ujar Deputy Hukum dan Humas PLN Kalbar, M Doing di Pontianak, Sabtu.

Doing menambahkan kejadian yang mendadak tersebut melumpuhkan seluruh sistem pasokan listrik ke pelanggan.

"Proses perbaikan dan pemulihan sedang kami laksanakan secara bertahap dan diperkirakan normal sepenuhnya pada jam 19.50 WIB," tuturnya.

Lebih lanjut dijelaskannya bahwa PLN telah berupaya untuk menjaga keandalan sistem kelistrikan dengan terus berupaya meningkatkan kemampuan baik disisi pembangkitan, penyaluran dan pendistribusian energi listrik hingga ke pelanggan.

"Namun gangguan yang disebabkan oleh cuaca yang terkadang ekstrim sangat sulit untuk diprediksi," kata dia

Ia berharap dengan kejadian yang ada masyarakat dapat memakluminya.

"Atas nama Manajemen PLN Wilayah Kalbar, kami mohon maaf atas ketidaknyamanan pelayanan yang telah kami berikan," katanya.


Pewarta: Dedi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016