Shanghai (ANTARA News) - China menghukum hampir 700 pejabatnya karena kurang benar dalam memberi perlindungan pada lingkungan hidup, sebagai hasil dari pemeriksaan luas, kata kantor berita Xinhua.

Pemerintah pusat mengirimkan tujuh kelompok untuk memeriksa beberapa tempat, termasuk Beijing, Shanghai dan Provinsi Guangdong di selatan, pada November, menyusul pemeriksaan putaran pertama dalam usaha perlindungan lingkungan hidup di seluruh wilayah negeri itu.

Pemeriksa belum lama ini melakukan penilaian terhadap 1.893 perkara dan menerapkan denda 66 juta yuan atau setara dengan 95,6 miliar rupiah dari 1.479 perkara, kata Xinhua mengutip sumber di Kementerian Perlindungan Lingkungan.

Tidak ada laporan terinci mengenai penerapan denda tersebut.

Kementerian Lingkungan Hidup pada awal tahun ini mendapat wewenang menyelidiki daerah dan perusahaan tanpa memberi peringatan lebih dulu dan mempunyai hak memanggil semua pejabat daerah atau petinggi perusahaan untuk memperhitungkan tindakan mereka.

Penyelidikan putaran pertama menggiring 3.000 pejabat untuk mendapat teguran dan denda 198 juta yuan atas kekerasan terhadap lingkungan hidup, menurut Reuters dalam laporannya.

(M007/B002)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2016