Jakarta (ANTARA News) - PT Taspen (Persero) kembali memperoleh penghargaan dari Komisi Informasi Pusat (KIP), sebagai BUMN terbaik dalam hal keterbukaan informasi kepada publik selama tahun 2016.

"Taspen memperoleh peringkat satu dua tahun berturut-turut sebagai yang terbaik dalam pelayanan informasi kepada publik kategori BUMN," kata Direktur Utama Taspen, Iqbal Latanro, di sela pelepasan masa purnabakti 16 karyawan Taspen, di Jakarta, Selasa.

Menurut Iqbal, penghargaan dari KIP tersebut disampaikan langsung oleh Wapres Jusuf Kalla di Kantor Wapres, yang disaksikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani, Gubernur Bank Indonesia, pimpinan lembaga tinggi negara dan para komisioner KIP Pusat dan Daerah.

Sesuai arahan Wapres, kata Iqbal, bahwa kementerian/lembaga negara dan termasuk BUMN agar dijalankan secara terbuka di semua tingkatan, sehingga dapat dibangun legitimasi dan kepercayaan publik.

Iqbal menjelaskan, parameter penilaian KIP tentu menyangkut transparansi, akuntabilitas pelayanan dan informasi suatu lembaga dalam periode satu tahun.

"Implementasi keterbukaan informasi kepada publik sebagai bukti keseriusanTaspen dalam menjalankan tata kelola perusahaan yang baik dalam memberikan layanan bagi peserta dan pemangku kepentingan mengenai hak dan kewajiban aparatur sipil negara (ASN), pejabat negara dan masyarakat," ujarnya.

Penghargaan tersebut merupakan bentuk kerja keras seluruh jajaran Taspen tanpa terkecuali sehingga mampu mempertahankan kinerjanya.

"Sebagai entitas bisnis Taspen semakin dipercaya untuk mengelola Program Jaminan Sosial pegawai ASN dan pejabat negara serta mampu bersaing di dunia bisnis dengan menjunjung nilai-nilai perusahaan dan keterbukaan informasi publik," ujar Iqbal.

Pemeringkatan keterbukaan informasi publik diamanatkan oleh Undang-Undang (UU) Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) dan Peraturan Komisi Informasi Nomor 1 Tahun 2010 tentang Standar Layanan Informasi Publik (Perki SLIP), dengan metode yang dikembangkan dan ditingkatkan untuk menghasilkan hasil yang terukur.

Sepuluh BUMN masuk sebagai yang terbaik yaitu PT Taspen, disusul PT PLN, PT Biofarma, Perum Perhutani, PT Pelindo III, PT Bank Tabungan Negara, PT Kereta Api Indonesia, PT LEN Industri, PT INTI, dan Perum Jasa Tirta II.

Taspen sebagai pengelola program kesejahteraan ASN yaitu program Jaminan Pensiun, Jaminan Hari Tua, Jaminan Kecelakaan Kerja, dan Jaminan Kematian.

Taspen terus berinovasi dengan menyelenggarakan layanan Mobil Layanan Taspen, call center Taspen 1500-919, layanan 1 jam, klaim otomatis, office chaneling (mitra layanan Taspen), Taspen service point, SMS Nofication, Taspen Mobile Application for Smartphone, Aplikasi SIMGaji dan aplikasi berbasis Web seperti e-klaim, e-SPTB, e-SPT dan estimasi klaim.

Pewarta: Royke Sinaga
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016