Cianjur (ANTARA News)- Menjelang malam antrian kendaraan pribadi yang berbaur dengan kendaraan wisatawan yang keluar dari tempat wisata di kawasan Puncak-Cipanas, Cianjur, Jabar, dengan tujuan Bogor terus memanjang, bahkan disejumlah titik laju kendaraan terhenti selama beberapa menit.

Meskipun Polres Cianjur, sempat melakukan sistem buka tutup satu arah menuju Bogor karena tingginya volume kendaraan yang melintas, namun selang beberapa jam antrian kendaraan kembali mengular. Rekayasa arus yang diberlakukan disejumlah titik rawan kemacetan, tidak menjadi solusi karena volume kendaraan terus bertambah.

"Menjelang sore antrin sempat mencair, setelah diberlakukan sistem satu arah menuju Bogor. Namun seiring tutupnya tempat rekreasi dan habisnya libur panjang natal, volume kendaraan menuju Bogor kembali meningkat. Antrian kendaraan mulai terlihat sepanjang beberapa kilometer dengan ekor antrian Pasar Cipanas," kata Asep anggota Pos Pam Polres Cianjur di Jalan Raya Cimacan, pada wartawan Senin.

Pihaknya memperkirakan kepadatan arus akan terlihat hingga tengah malam, dimana volume kendaraan akan terus bertambah menuju arah Bogor. Bahkan sejumlah antisipasi yang dilakukan dengan mengalihkan arus ke jalur alternativ tidak membuahkan hasil karena dijallur tersebut sudah terlihat antrian menjelang sore.

"Sifatnya situasional kalau terjadi macet total, sesuai perintah atasan kami akan memberlakukan sistem satu arah. Namun saat ini arus kendaraan masih berjalan dengan laju tersendat," katanya.

Sementara disejumlah jalur alternativ dan jalan utama keluar dari tempat rekreasi di wilayah Cipanas, antrian kendaraan pribadi dan bus terus memajang untuk masuk ke Jalur Utama Puncak-Cipanas. Bahkan sejumlah supir mengaku sudah terjebak selama dua jam dijalur tersebut.

"Sudah dua jam, kami terjebak di Jalur Hanjawar yang hanya beberapa belas meter menuju jalur utama Puncak-Bogor. Mau bagaimana lagi dinikmati saja karena setiap libur Puncak sudah pasti macet," kata Wahyudi (40) pengemudi asal Tanggerang.

Sementara tingkat kunjungan wisatawan ke tempat wisata yang ada di kawasan tersebut, ungkap pengeloola meningkat dibandingkan hari libur akhir pekan biasa. Bahkan angka kunjungan diperkirakan akan terus meningkat seiring masuknya libur panjang sekolah.

"Untuk hari ini kami belum memiliki angka pastinya, namun perkiraan diatas 10 ribu pengunjung, dimana wisatawan di dominasi rombongan pelajar dari berbagai daerah yang datang mengunakan bus," kata Tatang staf Humas Kebun Raya Cibodas.

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2016