Ketua MPR: Indonesia harus swasembada di segala bidang

Ketua MPR: Indonesia harus swasembada di segala bidang

Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dalam kunjungan ke Kota Metro, Lampung, Jumat (30/12/16) (MPR)

Jakarta (ANTARA News) – Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan Indonesia harus menuju ke arah swasembada di segala bidang terutama di sektor pangan sebagai parameter kesejahteraan negara dan rakyat.

"Harus segera menuju ke arah swasembada di segala bidang terutama pangan. Swasembada pangan adalah parameter negara dan rakyatnya yang sejahtera," katanya dalam kunjungan ke Kota Metro, Lampung, seperti dilansir keterangan tertulis MPR, Jumat.

Zulkifli mengatakan, swadembada pangan juga menjadi representasi pengamalan Pancasila yakni berlaku adil kepada segenap rakyat Indonesia.

Dalam kunjungan kerja bersama Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman itu, Ketua MPR juga memuji profesi petani yang dikatakannya tidak bisa dipandang sebelah mata.

"Profesi petani sebenarnya tidak bisa dipandang sebelah mata.  Profesi petani sebenarnya bisa membuat sejahtera karena seperti di Jepang misalnya petani di sana sejahtera semua. Itu yang harus dibangun saat ini,” ujar Zulkifli.

Untuk mewujudkan kesejahteraan petani, ia meminta kerja sama antara rakyat, pemerintah dan legislatif yang harus saling mendukung.

"Saat ini yang harus dilawan adalah para pedagang tengah atau broker. Merekalah yang menghancurkan sistem harga dipasaran dan membuat petani menderita," tutur Zulkifli.

Pewarta: Try Reza Essra
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2016

Komentar