Palu (ANTARA News) - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia bakal memperjuangkan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah beralih status satu tingkat diatas menjadi Universitas Islam Negeri (UIN), untuk memaksimalkan penyelenggaraan pendidikan Islam didaerah tersebut.

Ketua DPR-RI, Setya Novanto menyatakan di Palu, Sabtu, peralihan status IAIN Palu menjadi UIN telah layak untuk diusulkan dan diperjuangkan oleh lembaga legislatif tersebut.

"Berdasarkan pengembangan dan kemajuan IAIN Palu saat ini, maka perguruan tinggi Islam negeri terbesar di Sulawesi Tengah ini telah layak untuk beralih status menjadi UIN," ungkap Setya Novanto, usai melaksanakan kunjungan kerja di IAIN Palu, (7/1).

Ketua Umum Dewan Pimpinan Wilayah Partai Golongan Karya itu mengakui bahwa IAIN Palu tinggal memenuhi satu persyaratan atau maju selangkah untuk beralih status menjadi UIN.

"IAIN Palu memenuhi satu tahapan lagi atau satu syarat lagi untuk menjadi UIN, sesuai dengan cita-cita Rektor Prof. Dr. H. Zainal Abidin beserta seluruh civitas akademika," ujarnya.

Ia menyatakan bahwa IAIN harus menyediakan persyaratan yaitu ketersediaan tenaga pengajar atau dosen berstatus profesor dan guru besar sebagai syarat untuk menjadi UIN.

Namun demikian, tegas dia, keinginan IAIN Palu dibawah kepemimpinan Rektor Prof. Zainal Abidin M.Ag untuk menjadi UIN, merupakan kewajiban baginya untuk di perjuangkan.

"Rektor IAIN Palu Prof. Zainal Abidin telah menyampaikan ke saya bahwa cita-cita terbesar yaitu membawa perguruan tinggi tersebut menjadi UIN, ini menjadi kewajiban saya untuk membantu dan memperjuangkan," tegasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan bahwa dirinya akan mengajak kepada semua politisi Partai Golongan Karya di DPR-RI untuk membantu IAIN Palu beralih status menjadi UIN di tahun 2018 mendatang.

Pewarta: Muhammad Hajiji
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017