Jayapura (ANTARA News) - Ribuan warga Abepura, Kota Jayapura, Papua, Selasa malam menyambut kedatangan tim Persipura Jayapura yang berhasil merebut Piala Torabika Soccer Championship di Bandung, Jawa Barat.

Rombongan pemain, pengurus dan manajemen tim berjuluk Mutiara Hitam tiba di Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura sekitar pukul 16.30 WIT.

Rombongan Persipura terdiri atas Ketua Umum Benhur Tommy Mano, Ketua Panitia Penyelenggara Fachrudin Passolo, Manajer tim Rudi Maswi, jajaran pelatih dan para pemain, serta sang kapten tim Boaz TE Solossa yang didaulat jadi pemain terbaik TSC 2016.

Mereka dijemput oleh Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen Hinsa Siburian, Sekda Papua TEA Herri Desinaen, para politikus Papua, Persipuramania, di Bandara Sentani.

Para pemain Persipura dan sejumlah pengurus serta manajemen dan jajaran pelatih dikalungi bunga.

Usai istirahat sejenak di ruang VVIP Bandara Sentani, rombongan tim Persipura menumpangi truk dan mobil dihiasi pernak-pernik serta spanduk bertuliskan Persipura Juara TSC 2016 meninggalkan lokasi menuju Kota Jayapura yang diiringi ribuan Persipuramania dengan pakaian kebesaran tim, merah-hitam.

"Kami bangga Persipura berhasil juara TSC 2016 meski tertatih-tatih dalam laga awal dan sempat ganti pemain," kata Ade Melani Iwanggin, warga Waena, pendukung Persipura Jayapura.

Hingga berita ini diturunkan, rombongan Persipura baru memasuki Kelurahan Waena, Distrik Heram Kota Jayapura yang disambut meriah oleh warga dan simpatisan Persipura yang berdiri di kiri-kanan jalan dengan menyalakan mercon serta kembang api.

Di Abepura, para panitia penyambutan telah mendirikan panggung hiburan untuk menyambut kedatangan Boaz TE Solossa dan kawan-kawan, ribuan warga dan Persipuramania telah memadati Lingkaran Abepura.

Jajaran Satlantas dari Polres Jayapura Kota dengan sigap mengatur kelancaran lalu lintas dengan membuat jalur alternatif memutar agar Jalan Raya Abepura-Sentani yang akan dilewati rombongan tidak terjadi kemacetan.

Tim yang bermarkas di stadion Mandala Kota Jayapura itu, berhasil meraih juara TSC setelah pada laga terakhir di kandangnya berhasil mengalahkan PSM Makasar dengan skor 4-2. Persipura Jayapura akhirnya meraih poin 68 dari 34 laga yang dilakoni.

Sehari sebelumnya, ketua umum Persipura Jayapura Benhur Tommy Mano mengatakan Persipura Jayapura dipastikan akan melakukan pawai keliling Kota Jayapura usai menerima Piala TSC.

"Tim sudah selesai jalani Awarding Night atau malam penganugerahan TSC 2016 di Hotel Arya Duta Bandung, selain sebagai juara, kita juga dapat gelar pemain terbaik atas nama Boaz Solossa, dan dua pemain kita yaitu Boaz dan Yustinus Pae berhasil masuk sebagai Best XI TSC 2016. Selasa pagi Tim akan berangkat dari Jakarta dan sore hari tiba di Sentani untuk pawai," kata Benhur Tomi Mano dalam pesan singkat.

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017