Muntok, 2/2 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), menerima sejumlah bantuan dari BUMN dan perusahaan swasta yang disalurkan untuk para korban banjir di daerah itu.

"Bantuan ini kami harapkan bisa diteruskan kepada yang berhak sehingga mampu meringankan beban yang dialami para warga yang terkena dampak banjir yang terjadi pada Sabtu (28/1)," kata Bupati Bangka Barat, Parhan Ali di Muntok, Kamis.

Hal ini dikatakannya pada kegiatan penyerahan bantuan bencana banjir dari pihak ketiga kepada Pemkab Bangka Barat di halaman Kantor Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka Barat.

Sejumlah perusahaan yang peduli terhadap korban banjir di Bangka Barat, antara lain PT Pertamina, PT Jasa Raharja, PT Angkasa Pura, BPJS Ketenagakerjaan, BRI, BNI 46, Bank Sumsel Babel, Kho Khiong, Karang Taruna Sungai selan, dan Remaja Masjid Agung Sungailiat.

Bantuan yang diterima berupa paket sembako, tabung elpiji tiga kilogram, seragam dan peralatan sekolah diserahkan sejumlah perusahaan kepada pemkab untuk kemudian disalurkan kepada kepada warga korban bencana banjir.

"Mewakili Pemerintah dan masyarakat Bangka Barat, saya ucapkan terima kasih yang setulusnya kepada pihak yang secara langsung ikut membantu saudara kita yang terkena musibah," katanya.

Ia berpesan agar bantuan diteruskan kepada yang berhak.

Sekretaris Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka Barat, Mulyono mengatakan seluruh bantuan akan disalurkan kepada warga di berbagai kecamatan.

"Warga yang terkena banjir tidak hanya di Muntok, tapi di Desa Mayang Simpangteritip juga ada yang terkena banjir, nanti akan disalurkan kepada mereka yang membutuhkan," katanya.

Ketua Karang Taruna Sungaiselan, Ferri yang hgadir pada kegiatan itu mengatakan bantuan yang disalurkan merupakan bentuk kepedulian warga sungaiselan terhadap korban banjir di Muntok.

"Ini merupakan gerakan kemanusiaan, kami berharap bisa meringankan beban korban dan bermanfaat sesuai kebutuhan," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017