London (ANTARA News) - Little Mix, group musik perempuan Inggris, memenangi penghargaan "single terbaik Inggris" pada 2017 BRIT Awards untuk lagu "Shout Out to My Ex" di London, Rabu, mengalahkan para pesaingnya, antara lain Coldplay dan Tinie Tempah.

Kelompok musik beranggotakan empat orang yang meraih ketenaran di acara televisi "The X Factor" itu, membuka acara penghargaan tersebut, yang terutama untuk menghormati kelompok musik dan artis asal Inggris, dengan penampilan langsung.

Diselenggarakan di arena O2 kota itu, penghargaan Yayasan Industri Rekaman Inggris (BRIT) adalah penghargaan utama industri musik Inggris.

Penyanyi pop populer David Bowie, yang meninggal tahun lalu pada usia 69 tahun, memperoleh penghargaan anumerta dengan penghargaan "artis solo pria Inggris", sementara penyanyi Emeli Sande membawa pulang "artis solo wanita Inggris".

Penghargaan "Group terbaik Inggris" diraih oleh Band 1975.

Penyanyi-penulis lagu RagnBone Man, yang sudah memenangkan penghargaan pilihan kritikus tahun ini, juga memenangkan kategori "British Breakthrough Acts".

Penyanyi ikonik David Bowie adalah pemenang besar di ajang penghargaan BRITs di London, dengan memperoleh penghargaan kategori artis pria solo Inggris dan album tahun ini pada penghargaan utama Inggris itu.

Bowie, penyanyi pop multibakat itu memenangi legiun penggemar dengan musiknya yang penuh terobosan, meluncurkan album terakhirnya, "Blackstar", beberapa hari sebelum kematiannya akibat kanker pada usia 69 tahun di Januari 2016.

Pada penghargaan BRIT, Bowie mengalahkan para pesaingnya antara lain Skepta, penyanyi rap Kano dan penyanyi Michael Kiwanuka pada dua kategori "artis solo pria Inggris" dan "album tahun ini Inggris".

"Dia selalu ada mendukung orang-orang yang berpikir mereka

sedikit aneh atau sedikit unik, sedikit berbeda, dan dia selalu ada untuk mereka," kata anak Bowie, Duncan Jones, saat ia menerima penghargaan itu.

Penghargaan BRIT yang diselenggarakan di arena O2 ibu kota dan ditayangkan televisi merupakan ajang utama penghargaan industri musik Inggris. Pertunjukan malam itu menampilkan Katy Perry, Robbie Williams, Bruno Mars dan Ed Sheeran.

Penyanyi Amerika Serikat Katy Perry menampilkan singlenya "Chained to the rhythm" bersama para penari yang memakai kostum serupa gedung-gedung putih.

Perry, yang memakai gelang lengan yang bertulis "tetap berjuang" ketika dia menampilkan lagu tersebut di penghargaan Grammy bulan ini, diikuti oleh dua kerangka raksasa. Media Inggris dan pemirsa menggunakan media sosial mengatakan kerangka yang muncul itu mengenakan pakaian yang

mirip dengan apa yang dipakai Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Perdana Menteri Inggris Theresa May ketika keduanya baru-baru ini bertemu di Washington.

Penyanyi George Michael, yang meninggal pada Desember, juga memperoleh kehormatan. Lagunya "A Different Corner", dibawakan oleh vokalis Coldplay Chris Martin. Potongan video dari mantan penyanyi Wham! itu juga muncul di panggung, berbicara serta menyanyikan lagu yang sama, demikian Reuters.

(G003)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017