Jakarta (ANTARA News) - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyampaikan bahwa dirinya sangat mencintai sosok Presiden pertama RI Soekarno atau lebih dikenal Bung Karno, bahkan di pendopo, kantor hingga kediamannya terpajang lukisan sang proklamator tersebut.

"Saya sangat mencintai Bung Karno, kalau abang-abang main ke pendopo saya banyak lukisan Bung Karno. Saat saya buka pintu ada lukisan Bung Karno," kata Ridwan Kamil dalam acara penutupan Rakernas Dewan Pimpinan Nasional Relawan Perjuangan Demokrasi (DPN-Repdem) organisasi sayap PDIP di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu.

Pria yang akrab disapa Kang Emil bahkan mengaku lukisan Bung Karno bisa menegur dirinya, jika lalai dalam bertindak.

Ia mengaku, menjadi orang nomor satu di Kota Kembang tidak mudah, karena mengemban amanah dari masyarakat Kota Bandung.

"Kalau saya lupa diri maka saat buka pintu saya langsung diingatkan oleh si Bung itu, ya Bung Karno," ujar dia.

Menurut Kang Emil, Bung Karno dikenal sebagai sosok pemimpin yang sangat dekat dengan rakyat, bahkan sering turun langsung kepada masyarakat agar bisa mengetahui langsung permasalahan apa saja yang tengah dihadapi.

"Bung Karno itu rajin turun ke bawah, makanya muncul marhaenisme itu," ucap dia.

Diakui Kang Emil, dalam memimpin Kota Bandung dirinya banyak belajar dari sosok Bung Karno, terlebih soal gagasan-gagasan Bung Karno yang baik untuk diaplikasikan. Selain itu, ia menyampaikan jika manusia harus hidup berlandaskan ideologi, agar tidak seperti layang-layang putus yang terbang tak tentu arah.

"Bung Karno ini manusia penuh gagasan, karena manusia harus hidup dengan memiliki ideologi dan gagasan. Sama pesan ibu saya, sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi masyarakatnya. Makanya setiap waktu saya untuk warga Kota Bandung," kata Kang Emil.

Di akhir sambutan, Ridwan melontarkan pernyataan yang membuat riuh peserta Rakernas Repdem. "Saya belum punya warna tapi saat ini sedang pacaran. Namun nasihat-nasihat Bung Karno sudah saya jalankan," ujarnya.

Ridwan Kamil menambahkan dirinya dan warga PDIP saudara kandung dalam perjuangan yang ingin mempertahankan ideologi Pancasila, NKRI dan membela keberagaman.

(Baca juga: Ridwan Kamil prihatin penangkapan Andika)

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2017