Jakarta (ANTARA News) - Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat berharap Jakarta dapat menjadi miniatur Indonesia melalui wisata budaya yang menampilkan dan melestarikan beraneka ragam budaya bangsa Indonesia.

"Budaya di Jakarta ini betul-betul sangat bineka, sangat plural (beragam)," kata Djarot saat berbincang dengan Paguyuban Ketoprak Adhi Budaya di Jalan Rumah Sakit Ancol Selatan, Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu.

Djarot mengatakan bahwa Jakarta dapat mewakili Indonesia yang memiliki beragam etnis dan budaya karena Ibu Kota dihuni oleh penduduk dengan beragam latar belakang suku dan budaya.

"Jakarta ini miniatur kita buat wisata budaya seminggu, dua minggu dikemas bagus" tuturnya.

Pertunjukan budaya tersebut tentunya akan lebih memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia, khususnya Jakarta, kepada banyak orang.

Dengan demikian, makin banyak wisatawan berkunjung ke Ibu Kota bukan hanya warga Jakarta, melainkan juga warga dari daerah-daerah lain, bahkan turis mancanegara.

"Bisa dipertontonkan betul inilah Indonesia beragam budaya beragam etnisnya sehingga bisa menjadi satu," ujarnya.

Ia berharap wisata budaya tersebut dapat terwujud dan mendapat perhatian seperti Jakarta International Java Jazz Festival yang merupakan festival musik jazz terbesar.

Selain mempertontonkan dan mempromosikan budaya Indonesia, wisata budaya Jakarta juga merupakan bagian upaya melestarikan kebudayaan Indonesia.

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2017