Liverpool, Inggris (ANTARA News) - Penyerang Liverpool, Divock Origi, mencetak satu gol demi melengkapi kemenangan timnya menjadi 3-1 atas Everton dalam laga pekan ke-30 Liga Utama Inggris di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Sabtu.

Origi, yang baru masuk pada menit 57 menggantikan Sadio Mane, hanya membutuhkan waktu tiga menit di lapangan untuk mencetak golnya tersebut pada menit 60.

Memanfaatkan pertahanan Everton yang kacau balau, James Milner berhasil menyeruak ke sisi kiri serangan menyodorkan bola kepada Philippe Coutinho yang segera meneruskan kepada Origi, yang dengan mudah mengalahkan Ashley Williams dalam duel perebutan bola sebelum melepaskan tendangan keras dari tepian kotak penalti yang tak mampu diantisipasi penjaga gawang Joel Robles.

Gol perdana Origi di Liga Inggris musim ini tersebut melengkapi dua gol lain Liverpool yang dicetak oleh Mane dan Coutinho, demi memastikan The Reds menyapu bersih dua pertemuan Derby Merseyside musim ini setelah menang tipis 1-0 di Goodison Park, Desember 2016 lalu.

Meski demikian, pertandingan tersebut bisa saja memakan tumbal jika Mane mengalami cedera serius akibat engkelnya tertindih Leighton Baines dalam perebutan bola pada menit 53.

Mane membuka keunggulan Liverpool di laga yang lebih dikenal sebagai Derby Merseyside tersebut saat pertandingan baru memasuki waktu delapan menit, dengan sebuah aksi individual menawan mempecundangi Tom Davies, Ashley Williams dan Pennington dalam proses mencetak golnya.

Dari tengah lapangan, Mane menusuk ke dalam kotak penalti sisi kiri sebelum melepaskan tendangan menyilang ke tiang jauh yang tak terjangkau penjaga gawang Joel Robles.

Everton sempat menyamakan kedudukan pada menit 28 lewat gol Matthew Pennington, memanfaatkan keteledoran Liverpool berkoordinasi mengantisipasi bola mati.

Sepak pojok Leighton Baines berhasil disambut Phil Jagielka, namun tak sempurna, Dejan Lovren yang berusaha menyapu bola malah mengarahkannya ke ruang tembak Pennington yang berdiri bebas di hadapan gawang dan tanpa cela menyarangkan bola ke dalam gawang.

Akan tetapi, Liverpool tak membutuhkan waktu lama untuk mengembalikan keunggulan, saat percobaan ketiga Coutinho membuahkan hasil dengan tendangan lengkung yang membuat Robles mati langkah dan tuan rumah unggul 2-1 atas Everton.

Kemenangan tersebut membuat Liverpool untuk sementara naik ke peringkat ketiga klasemen dengan koleksi 59 poin, menyalip Manchester City (57), sedangkan Everton (50) tertahan di peringkat ketujuh.

Meski demikian posisi Liverpool belum aman mengingat City baru akan berlaga pada Minggu (2/4) dalam lawatan ke markas Arsenal (50).

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi Liga Utama Inggris:

Liverpool (4-3-3): Simon Mignolet (PG); Nathaniel Clyne, Joel Matip, Dejan Lovren, James Milner; Emre Can, Lucas Leiva, Georginio Wijnaldum; Sadio Mane (Divock Origi), Roberto Firmino (Ragnar Klavan), Philippe Coutinho (Trent Alexander-Arnold)
Pelatih: Juergen Klopp

Everton (3-4-3): Joel Robles (PG); Phil Jagielka, Ashley Williams, Mason Holgate; Matthew Pennington (Gareth Barry), Tom Davies (Enner Valencia), Idrissa Gueye, Leighton Baines; Ross Barkley, Romelu Lukaku, Dominic Calver-Lewin (Kevin Mirallas)
Pelatih: Ronald Koeman

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017