Bondowoso, Jawa Timur (ANTARA News) - Desa-desa di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, potensial dikembangan menjadi daerah tujuan wisata. Salah satu syaratnya, warga harus kreatif dalam mengembangkan potensi wisata.

"Untuk infrastruktur jalan atau akses menuju lokasi wisata di masing-masing desa yang memiliki potensi wisata, kepala desa dapat menggarkannya atau menggunakan alokasi dana desa maupun dana desa," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Pemuda Olahraga Kabupaten Bondowoso, Harry Patriantono, di Bondowoso, Jawa Timur, Minggu.

Tujuan desa juga berperan dan harus kreatif dalam pengembangan tujuan wisata, lanjut dia, agar dari masing-masing desa yang memiliki potensi dapat juga menjadi pendapatan asli desa.


Dengan desa menganggarkan pembangunan infrastruktur jalan lewat anggaran itu, katanya, maka tidak harus tergantung pada pemerintah kabupaten. Pemerintah kabupaten lalu fokus pada pembangunan infrastruktur penunjang lain yang bersifat massal. 

"Kalau sarana dan prasarana objek wisata terpenuhi, kami sangat yakin akan banyak wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara yang berkunjung. Salah satunya objek wisata Kawah Ijen di Kecamatan Ijen sudah dikenal di seluruh dunia," katanya.

Di sana ada tujuan wisata Kawah Wurung dan pemandian air panas yang sangat ternama. 

Pewarta: Novi Husdinariyanto dan Zumrotun Solichah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017