Bekasi (ANTARA News) - Operator Tol Jakarta-Cikampek memprediksi puncak arus balik libur Isra Miraj 2017 akan terjadi pada Senin (24/4) dengan peningkatan volume kendaraan 24 persen dari situasi normal.

"Prediksi kami akan ada 92.252 kendaraan yang melintasi Tol Jakarta-Cikampek atau naik 24 persen dari volume lalu lintas normal sebesar 74.384 kendaraan," kata Humas PT Jasa Marga Jakarta-Cikampek Icksan Kartika di Bekasi, Jumat.

Menurut dia, prediksi arus balik itu dihitung berdasarkan layanan transaksi di Gerbang Tol Ckarang Utama untuk kendaraan dari Bandung dan Cikampek yang ke arah Jakarta.

Untuk arus balik, kata dia, pihaknya menyediakan maksimal 25 gardu keluar dan seluruh gardu keluar dapat menerima pembayaran tunai dan nontunai.

Pada ruas tol, pihaknya juga menyiagakan personel penanggulangan kemacetan untuk dapat berkoordinasi dan memberikan informasi terkini lalu lintas kepada pihak terkait.

Adapun personel yang ditempatkan di antaranya Polisi Jalan Raya (PJR), petugas derek, dan petugas rambu.

"Kami akan melakukan manajemen lalu lintas pada Simpang Susun Cikunir atau yang disebut C3 dari arah Cakung, Cikunir dan Cawang," katanya.

Pada lokasi Tempat Istirahat Pelayanan (TIP), kata dia, petugas jalan tol melakukan rekayasa lalul intas buka dan tutup.

"Bilamana tempat istirahat penuh, maka penguna jalan tol dapat mengunakan TIP berikutnya," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2017