Jadi untuk pengerjaan Jalan Tol Soroja masih jauh dari harapan meski saat ini progres pembangunan struktur jalan sudah hampir rampung
Bandung (ANTARA News) - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat menuturkan pembangunan Jalan Tol Soreang-Pasirkoja (Soroja) yang ditargetkan bisa beroperasi awal April 2017 menghadapi berbagai masalah seperti pembebasan lahan hingga pengadaan tanah untuk timbunan.

"Jadi untuk pengerjaan Jalan Tol Soroja masih jauh dari harapan meski saat ini progres pembangunan struktur jalan sudah hampir rampung," kata Iwa Karniwa, di Bandung, Rabu.

Ia menyebutkan total perkembangan pembangunan kontruksi jalan tol yang menghubungkan Kabupaten Bandung dan Kota Bandung dari Maret 2017 itu naiknya kurang signifikan.

Menurut dia, Sampai April 2017 perkembangan kontruksi Tol Soroja baru mencapai 71,042 persen yang didominasi pekerjaan struktur 98 persen dan timbunan tanah baru 67 persen dan pada awal Maret 2017 total kontruksi mencapai 65 persen.

"Dan berdasarkan laporan PT Citra Marga Lintas Jabar (CMLJ) selaku pengusahan Jalan Tol Soroja kepada saya, ternyata masih ada kendala yang terjadi di lapangan dalam pengerjaan jalan tol sepanjang 10,55 km ini," kata dia.

Walaupun pembebasan lahan sudah nyaris selesai, kata Iwa, namun salah satu masjid masih menunggu tahapan pembangunan dan pembebasan lahannya juga tidak mencukupi sehingga dilakukan proses desain ulang di lokasi Citeureup dan Tegal Caang.

"Lainnya, masalah cuaca karena setiap hari hujan turun dan juga terjadi pada pengadaan tanah untuk timbunan. Ternyata rata-rata quarry (tambang terbuka) belum memiliki izin galian C sehingga sering timbul masalah," kata dia.

"Kami berharap dan menargetkan Tol Soroja ini cepat selesai, tapi fenomena di lapangan tidak semudah membalikkan telapak tangan," kata dia.

Iwa menambahkan kendala atau hambatan di lapangan pasti ada sedangkan untuk anggaran tidak ada masalah.

"Oleh karena itu semua pihak duduk bersama bahwa Soroja untuk kepentingan bersama dan saya mendorong badan usaha dan dua rekanan yang mengerjakan Tol Soroja supaya kerja siang malam," kata dia.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017