Ini adalah kunjungan pertama seorang Presiden Lithuania, dan pertemuan pertama antara Presiden Lithuania dengan Presiden Indonesia
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Lithuania Dalia Grybauskaite dijadwalkan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada 17 Mei 2017, dan akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden RI Joko Widodo.

"Ini adalah kunjungan pertama seorang Presiden Lithuania, dan pertemuan pertama antara Presiden Lithuania dengan Presiden Indonesia," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir di Jakarta, Jumat.

Salah satu hal yang menjadi perhatian untuk dibahas dalam pertemuan bilateral kedua presiden tersebut adalah upaya untuk meningkatkan kerja sama ekonomi, karena pemerintah RI ingin memperluas akses untuk produk-produk Indonesia di pasar Lithuania.

"Kerja sama untuk energi terbarukan dan konservasi energi serta pertanian dan transportasi juga akan diprioritaskan selama diskusi," ujar Arrmanatha Nasir.

Saat ini ada dua kesepakatan, yakni tentang kerja sama energi terbarukan dan transportasi, yang diperkirakan akan selesai dan dijadwalkan akan ditandatangani pada saat Presiden Grybauskaite berkunjung ke Indonesia.

Menurut Arrmanatha, Lithuania terkenal dengan keunggulannya di bidang energi terbarukan, terutama untuk pengembangan biomassa dan biofuel.

"Dengan demikian, kami mengharapkan untuk membangun kerja sama untuk transfer teknologi," kata dia.

Meski nilai perdagangan antara Indonesia dan Lithuania masih nisbi rendah, yaitu hanya mencapai sekitar 38 juta dolar AS pada 2016, namun nilai itu memiliki potensi yang sangat besar untuk lebih ditingkatkan.

Terkait dengan bidang pariwisata, jumlah wisatawan Lithuania yang berkunjung ke Indonesia terus meningkat dari 3.739 orang pada 2015 menjadi 5.521 pada 2016.

Pewarta: Yuni Arisandy
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017