Jakarta (ANTARA News) - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir beserta istrinya Hasbiyah menyambut kedatangan tamu kenegaraan dari Swedia Raja Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu pagi.

Menurut laman resmi twitter Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Jakarta, Minggu, pada penyambutan itu, Raja Swedia dikalungi bunga sementara Ratu menerima seikat bunga.

Tamu kenegaraan dari swedia tersebut melewati karpet merah yang digelar di lapangan bandara.

Pada foto yang diunggah di laman twitter, saat turun dari mobil, Raja dan Ratu Swedia langsung disapa oleh Meristekdikti Nasir.

Nasir juga berjabat tangan dengan Raja Swedia saat menyambut tamu kenegaraan itu.

Menristekdikti Nasir dan Istri juga berbincang-bincang dengan Raja dan Ratu Swedia.

Sebelumnya, kunjungan Raja dan Ratu Swedia ke Indonesia sudah dijadwalkan sejak lama. Kunjungan diawali dengan kehadiran beliau pada 21 Mei dan akan meninggalkan Indonesia pada 25 Mei 2017.

Raja Carl XVI Gustaf sudah pernah ke Indonesia pada tahun 2012. Sedangkan kunjungan Ratu Silvia adalah kunjungan pertama setelah 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Swedia.

Rencananya kunjungan Raja dan Ratu Swedia diterma oleh Presiden Joko Widodo di Istana Bogor. Beliau juga akan mengunjungi Bandung dan akan makan santap siang bersama Wali Kota Bandung.

Turut hadir dalam kujungan tersebut delegasi Swedia yang terdiri dari Menteri Luar Negeri Swedia, Sekretaris Negara untuk Urusan Anak dan Kesetaraan Gender dan Kementerian Kesehatan Swedia dan delegasi bisnis dari berbagai sektor termasuk para pengusaha.

Akan ada sekitar 60 perusahaan dari 35 perusahaan ternama Swedia yang ikut dalam kunjungan delegasi bisnis Swedia ke Indonesia.

Fokus pembahasan dalam kunjungan pemerintah Swedia ke Indonesia itu adala kerja sama di bidang investasi, perdagangan, energi terbarukan, riset dan teknologi.

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017