Buleleng bangun ruang terbuka yang tampilkan sejarah Bung Karno

Buleleng bangun ruang terbuka yang tampilkan sejarah Bung Karno

Ilustrasi - Pengunjung mengamati koleksi Perpustaakaan dan Museum Agung Bung Karno saat peringatan Hari Kelahiran Bung Karno di Renon, Denpasar, Bali, Senin (6/6/2016). (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Singaraja (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Buleleng, Bali melalui Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pertanahan (Disperkimta) setempat membangun ruang terbuka hijau (RTH) yang menampilkan relief sejarah Bung Karno.

"Konsep RTH juga akan menampilkan empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika," kata I Wayan Winarta dari PT Mitra Tri Sakti selaku pemborong proyek, Sabtu.

Ia mengatakan, pada tahap awal, pembangunan tahap II daripada RTH Sukasada ini akan bertemakan empat pilar kebangsaan Indonesia. Tema ini untuk mendukung tema awal yang diberikan Bupati Agus Suradnyana yaitu Sejarah Bung Karno.

I Wayan Winarta menambahkan pada RTH ini akan dibangun beberapa relief ataupun diorama. Relief ini akan menceritakan sejarah Bung Karno yang mana ibunya berasal dari Kabupaten Buleleng.

Relief ini bertujuan untuk menjelaskan sejarah tersebut. Selain untuk pusat rekreasi, RTH ini nantinya juga akan berfungsi sebagai pusat edukasi, memberikan pelajaran kepada masyarakat bahwa Bung Karno ataupun ibunya berasal dari Kabupaten Buleleng. 

Pewarta:
Editor: Unggul Tri Ratomo
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar