Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua Badan Kerjasama Antar Parlemen DPR RI Rofi Munawar menilai serangan teror yang terjadi di sejumlah wilayah secara global perlu ditanggapi dengan peningkatan kewaspadaan internasional.

Dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Selasa, ia mengatakan serangan yang terjadi di London pada akhir pekan lalu menunjukkan kewaspadaan secara internasional perlu ditingkatkan.

"Target utama aksi serangan teror di London adalah meningkatkan ketakutan yang massif dan simultan pada publik," katanya.

Ia menilai serangan di London itu menggambarkan bahwa aksi tidak hanya dipusatkan kepada objek pertahanan dan strategis suatu negara, namun mulai bergeser kepada objek publik dan pusat keramaian.

"Tiga serangan dalam tiga bulan terakhir di London, sebuah kota dengan keamanan yang sangat baik memberi sinyal perlunya kewaspadaan yang tinggi terhadap aksi teroris," paparnya.

Ia menegaskan serangan teror itu sangat menganggu kerja sama internasional dalam menjaga perdamaian dunia yang menjadi agenda utama konstitusi semua negara.

(P008/S027)

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017