Alhamdulillah hasil tes alkohol dan urine menyebutkan seluruh pegawai operasional yang dites secara acak hasilnya negatif...
Jember (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 9 Jember, Jawa Timur melakukan tes urine dan alkohol kepada sejumlah pegawai operasional yang berdinas di stasiun dan pintu perlintasan sepanjang Kabupaten Pasuruan hingga Banyuwangi menjelang masa angkutan Lebaran 2017.

"Tim kesehatan melakukan pemeriksaan secara mendadak kepada petugas operasional untuk mengetahui apakah mereka menggunakan narkoba maupun alkohol," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daop) 9 Luqman Arif di Kabupaten Jember, Rabu.

Menurutnya petugas operasional KAI yang diperiksa yakni menjalani tes alkohol dan urine untuk memastikan pegawai tersebut ketika berdinas tidak mengonsumsi ataupun dalam pengaruh zat adiktif.

"Hal itu sebagai usaha untuk memastikan keselamatan perjalanan kereta api, sehingga pengawasan pelaksanaan dan operasional dari aspek prasarana, sarana, fasilitas pelayanan dan sumber daya manusia (SDM) menjadi perhatian serius dari manajemen PT KAI menjelang masa angkutan Lebaran," tuturnya.

Dengan alat pendeteksi alkohol melalui cara dihirup, lanjut dia, tim kesehatan bisa memantau kadar alkohol dari uap hasil pernapasan dan penggunaan alkohol akan terpantau di layar alat pendeteksi.

Jika menunjukkan angka nol berarti pegawai tersebut normal dan tidak mengonsumsi minuman keras, namun jika angka naik semakin tinggi maka akan semakin besar indikasi petugas telah mengonsumsi alkohol.

"Alhamdulillah hasil tes alkohol dan urine menyebutkan seluruh pegawai operasional yang dites secara acak hasilnya negatif, sehingga tidak ada pegawai KAI Daop 9 yang mengonsumsi narkoba dan minuman keras," ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, kegiatan yang diprogramkan ke seluruh wilayah Daop 9 juga dimanfaatkan untuk mengecek kondisi alat pemadam api ringan (APAR) yang tersedia di 32 stasiun dan 84 pintu perlintasan sepanjang Pasuruan-Banyuwangi, serta pemahaman bagaimana penggunaan APAR tersebut apabila dibutuhkan.

PT KAI menetapkan masa angkutan Lebaran tahun ini selama 22 hari, yakni masa sebelum Lebaran selama 10 hari tanggal 15-24 Juni 2017, masa Lebaran selama 2 hari tanggal 25-26 Juni 2017, dan masa setelah Lebaran selama 10 hari tanggal 27 Juni-6 Juli 2017.

Di Daop 9 Jember, setiap hari tercatat tujuh keberangkatan KA jarak jauh yakni KA Mutiara timur siang dengan relasi Banyuwangi - Surabaya, KA Mutiara timur malam dengan relasi Banyuwangi - Surabaya, kemudian KA Sri tanjung relasi Banyuwangi - Lempuyangan.

Selanjutnya KA Probowangi relasi Banyuwangi - Surabaya, KA Tawang alun relasi Banyuwangi - Malang, KA Logawa relasi Jember - Purwokerto, dan KA Rangga jati relasi Jember - Cirebon, sedangkan untuk KA lokal tercatat ada empat kali perjalanan yakni KA lokal - Pandan wangi relasi Jember - Banyuwangi PP.


Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017