... mungkin terjadi, Wayne Rooney datang ke China...
Shanghai (ANTARA News) - Beberapa pesepakbola dengan nama besar menjadi sorotan menyusul akan dibukanya transfer pemain di Liga Super China, Senin pekan depan.

Kendati transfer pemain asing di China akan dikenakan pajak sebesar 100 persen, namun pesepakbola beken seperti Wayne Rooney, Diego Costa, dan Pierre-Emerick Aubame tetap mempertimbangkan untuk pindah karena bayaran yang besar.

Dalam beberapa musim terakhir CSL memecahkan rekor transfer, antara lain saat mendatangkan pemain Timnas Brasil, Oscar, ke Shanghai SIPG dengan biaya transfer mencapai 60 juta euro. Striker Argentina, Carlos Tevez, juga didatangkan dengan gaji yang besar dan menjadi pesepakbola dengan bayaran termahal di dunia.

Pada bursa transfer Januari-Februari, klub-klub China setidaknya menggelontorkan dana hingga 388 juta euro.

Namun pada Mei, Asosiasi Sepak Bola China (CFA) mengambil langkah membatasi pengeluaran para klub China dengan cara memberlakukan pajak 100 persen kepada klub yang melakukan transfer pemain asing.

Selain itu pada pertandingan tahun depan, klub-klub CSL harus menurunkan pemain berusia di bawah 23 tahun sama banyaknya dengan pemain asing yang telah ditetapkan sebanyak tiga pemain.

Pakar sepakbola China mengatakan klub-klub akan memangkas pengeluaran dan tetap mencari pesepakbola Eropa yang karirnya memasuki masa senja agar mau merumput di China, di antaranya Wayne Rooney.

"Apa yang saya pikir adalah hal yang akan banyak Anda lihat, dan saya pikir ini adalah hal yang paling mungkin terjadi, Wayne Rooney datang ke China," kata Andy Strong, manajer dari perusahaan pemasaran dan investasi olahraga, di Shanghai, dilansir AFP.

"Fabio Capello baru saja melatih Jiangsu Suning, Rooney akan tersedia secara gratis dan dia memiliki gengsi secara internasional yang luar biasa dari namanya," kata dia.

"Jadi transfer akan cenderung mengarah ke pemain yang karirnya akan berakhir," katanya.

Pada sisi lain, klub-klub China semestinya meningkatkan sistem pembinaan pemain muda ketimbang berburu para pemain bintang Eropa.

Namun, satu atau dua klub-klub China mungkin saja berani membayar pajak besar untuk mendatangkan pemain bintang Eropa ke Liga China.

"Saya tidak akan terkejut jika satu atau dua klub siap untuk melakukan gebrakan (secara finansial)," kata Strong.

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017