Roma (ANTARA News) – Film terbaru karya sutradara asal Amerika Serikat (AS) pemenang Oscar Alexander Payne, "Downsizing", akan membuka Festival Film Venesia tahun ini, sementara rekannya Annette Bening akan menjadi ketua juri Monstra, kata panitia penyelenggara, Sabtu waktu setempat seperti dilansir AFP.

Film fiksi ilmiah itu, dibintangi Matt Damon sebagai pria yang menyadari dia akan memiliki kehidupan lebih baik jika dia mengecilkan dirinya, akan tayang perdana di dunia pada 30 Agustus di festival Venesia ke-74.

Turut dibintangi Kristen Wiig sebagai istrinya, Audrey – yang memimpikan kehidupan lebih baik – film itu akan dirilis secara global pada akhir tahun ini.

Payne, yang memenangkan Academy Award kategori skenario adaptasi terbaik pada 2004 dan 2012, menyutradarai "Mr Schmidt" yang dibintangi Jack Nicholson pada 2002, "Sideways" pada 2004 dan "Nebraska" pada 2013.

Bening, yang masuk nominasi Oscar dengan sejumlah film mencakup "American Beauty" (1999) dan "The Kids are Alright" (2010), akan mengetuai juri festival film tertua di dunia itu.

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017