Jakarta (ANTARA News) - Wali Kota Makassar Mohamad Ramdhan Danny Pomanto mengatakan inovasi sangat diperlukan agar daerah, termasuk ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan menjadi lebih berkembang.

"Dengan inovasi daerah semakin berkembang dan ujung-ujungnya tentu bermuara pada kesejahteraan masyarakat," ujar Danny di Jakarta, Kamis.

Sebelumnya, Wali Kota Makassar meraih penghargaan bergengsi dengan dinobatkan sebagai Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2017 di Indonesia.

KDI diberikan kepada 27 kepala daerah dengan enam kategori, antara lain pelayanan masyarakat, sosial dan budaya, infrastruktur dan pembangunan, ekonomi dan investasi, lingkungan hidup dan tata kelola pemerintahan. Makassar meraih penghargaan untuk kategori ekonomi dan investasi serta kategori tata kelola pemerintahan.

"Kami sangat apresiasi adanya penghargaan ini karena dengan begitu kita di daerah semakin termotivasi berkat adanya penilaian inovasi apa-apa yang telah dilakukan kepala daerah sehingga daerah jadi berkembang," jelas dia.

Makassar merupakan satu-satunya kota yang meraih kategori untuk tata kelola pemerintahan.

"Tentu kita sangat bangga karena ujung-ujung dari semua ini bermuara pada kesejahteraan rakyat," katanya..

Danny menyampaikan jika pertumbuhan ekonomi (ekonomi growth) Makassar tertinggi nasional yakni 7,99 persen. Sementara inflasi juga masuk kategori cukup rendah.

Penghargaan diberikan Koran Seputar Indonesia (Sindo). Ajang penghargaan bagi kepala daerah berprestasi ini merupakan yang keempat kali sejak pertama digelar pada 2014.

Pemimpin Redaksi Koran Sindo Pung Purwanto mengatakan, KDI merupakan apresiasi atas berbagai keberhasilan para kepala daerah dalam mengelola dan menggarap potensi daerah, sehingga akan memacu pertumbuhan dan kemajuan berbagai sektor pembangunan.

(T.I025/T007)

Pewarta: Indriani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017