Jakarta (ANTARA News) - Tiga kesekretariatan jenderal parlemen, yakni Sekretariat Jenderal MPR, DPR dan DPD RI akan menyelenggarakan sidang tahunan bersama di Gedung MPR/DPR/DPD RI di Senayan Jakarta, pada 16 Agustus 2017.

Dalam persiapan penyelenggaraan sidang tahunan bersama tersebut, tiga sekretaris jenderal (sekjen) dari MPR, DPR dan DPD RI melakukan peninjauan kesiapan fisik gedung di komplek Gedung MPR/DPR/DPD RI, Jakarta, Senin.

Mereka adalah Sekjen MPR Ma'ruf Cahyono, Sekjen DPR RI Achmad Djuned serta Sekjen DPD RI Sudarsono Hardjosoekarto yang didampingi stafnya meninjau gedung tempat akan diselenggarakannya sidang tahunan bersama.

Sudarsono Hardjosoekarto sebagai koordinator penyelenggara acara mengatakan, ketiga kesetjenan di parlemen Indonesia akan terus berkoordinasi mempersiapkan agenda acara tahunan tersebut.

"Ketiga kesetjenan akan terus berkoordinasi sampai hari penyelenggaraan sidang tahunan bersama. Kesetjenan dari kementerian, lembaga, paspampres dan protokol kepresidenan juga akan membantu," katanya.

Pada sidang tahun bersama itu ada tiga agenda utama, yakni sidang tahunan MPR. Pada forum ini Presiden Joko Widodo akan menyampaikan pidato kenegaraan berisi kinerja lembaga-lembaga negara.

Agenda kedua adalah pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo pada peringatan ulang tahun Indonesia ke-72.

Agenda ketiga adalah rapat paripurna pembukaan masa sidang DPR tahun sidang 2017-2018.

Pada rapat paripurna pembukaan masa sidang ini, Presiden Joko Widodo juga akan menyampaikan pidato kenegaraan penyampaian pengantar pemerintah atas RUU tentang APBN beserta Nota Keuangan.

"Persiapan sidang tahunan bersama sudah dilakukan untuk kesekian kalinya. Hari ini kita rapat dengan seluruh protokol kementerian dan lembaga serta protokol istana untuk mendiskusikan ketiga agenda secara detail," katanya.

Menurut Sudarsono, persiapan penyelenggaraan sidang tahunan bersama sudah sekitar 80 persen, selebihnya akan dievaluasi kembali.

(T.R024/S023)

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017