SpaceX akan luncurkan komputer super ke luar angkasa

SpaceX akan luncurkan komputer super ke luar angkasa

Roket SpaceX Falcon 9 tanpa awak dengan daya dorong Dragon meluncur dari landasan pad 40 di Stasiun Pangkalan Udara Cape Canaveral, Florida, Selasa (14/4). (REUTERS/Scott Audette)

Jakarta (ANTARA News) - SpaceX siap meluncurkan pesawat kargo tidak berawak ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station/ISS) pada Senin, termasuk komputer super yang dapat mengarahkan astronaut pada misi luar angkasa mendalam di masa depan.

Peluncuran roket Falcon 9, yang membawa kargo Dragon, dijadwalkan berlangsung pukul 12.31 waktu Cape Canaveral, Florida, atau sekitar pukul 19.31 WIB.

Ramalan cuaca 70 persen memungkinkan untuk peluncuran tersebut.

Misi tersebut adalah peluncuran resmi ke-12 SpaceX, yang mengamankan kontrak senilai 1,6 miliar dolar AS (sekitar Rp21,3 triliun) dengan NASA untuk mengirimkan pasokan kepada astronaut yang tinggal di orbit lebih dari 20 perjalanan pulang-pergi.

Sekitar 10 menit setelah peluncuran, roket tersebut akan berusaha melakukan pendaratan terkendali di Cape Canaveral, sebagai bagian dari upaya SpaceX untuk menggunakan kembali komponen roket setelah masing-masing lepas landas.

Jika peluncuran pada Senin ditunda karena suatu alasan, upaya selanjutnya harus menunggu sampai pekan depan, karena spacewalk yang rencananya akan dilakukan kosmonaut Rusia pada Kamis untuk memasang serangkaian satelit.

Dragon akan membawa pasokan seberat 2.900 kilogram, termasuk komputer super canggih yang dibuat Hewlett Packard Enterprise (HPE), yang disebut Spaceborne Computer, demikian AFP.

Penerjemah:
Editor: Heppy Ratna Sari
COPYRIGHT © ANTARA 2017

SpaceX akan meluncurkan misi astronot pertamanya ke ISS

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar