Tai Tzu Ying gagal capai perempat final Korea

Tai Tzu Ying gagal capai perempat final Korea

Pebulutangkis tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Jakarta (ANTARA News) - Peringkat pertama tunggal putri dunia asal Taiwan Tai Tzu Ying gagal mencapai putaran perempat final turnamen bulu tangkis Korea Terbuka 2017 setelah mengalami kekalahan dalam pertandingan putaran dua di SK Handball Stadium, Seoul, Kamis.

Adalah wakil Jepang Minatsu Mitani yang mampu memberikan kegagalan pertama pada pemenang tiga Super Series secara beruntun itu, untuk mencapai perempat final sejak Jepang Terbuka 2016 lalu.

Bintang Taiwan tersebut, meskipun memberikan perlawanan ketat dan merebut gim kedua, tidak bisa menemukan bentuk permainannya sendiri sehingga harus menerima kenyataan dirinya tersingkir dalam pertarungan selama 50 menit berkesudahan 23-21, 14-21, 21-18.

Mitani sendiri akan menghadapi ujian lainnya dari pemain India unggulan lima Pusarla V Sindhu yang membuat jalannya ke perempat final dengan menyudahi perlawanan wakil Thailand Nitchanon Jindapol 22-20, 21-17.

Nomor ganda campuran dan ganda putri juga memberikan kejutan di turnamen berlabel Super Series itu di mana pemain-pemain yang menduduki lima besar dunia harus tersingkir.

Di ganda campuran, pasangan suami istri asal Inggris Chris Adcock/Gabrielle Adcock gagal melaju lebih jauh di Seoul setelah ditumbangkan duet Malaysia non unggulan Chan Peng Soon/Cheah Yee See.

Pasangan suami istri berperingkat empat dunia yang menjadi unggulan dua turnamen, harus menerima kekalahan dari Chan/Cheah yang kini menempati peringkat 64 dunia dalam laga tiga gim selama satu jam 11 menit berkesudahan 21-16, 18-21, 16-21.

Sementara di ganda putri, wakil tuan rumah berperingkat lima dunia Jung Kyung Eun/Shin Seung Chan juga membuat kejutan dengan tidak mampu memenangkan pertarungan melawan wakil Jepang non unggulan.

Adalah Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara yang kini bercokol di peringkat 34 dunia, mampu menghentikan langkah Jung/Shin yang merupakan unggulan empat turnamen melalui pertarungan tiga gim selama satu jam 12 menit berkesudahan 14-21, 22-20, 21-14.


Wakil Indonesia

Seiring dengan berbagai kejutan itu, Indonesia yang pernah menyandang predikat raja bulu tangkis dunia, berhasil menempatkan lima wakilnya di perempat final Korea Terbuka 2017.

Mereka adalah Greysia Polii/Apriani Rahayu yang sukses menumbangkan unggulan tujuh dan peringkat enam ganda putri asal Jepang Yuki Fukushima/Sayaka Hirota.

Greysia/Apriani yang kini berperingkat 66 dunia, sukses menumbangkan duet Jepang dalam pertarungan tiga gim selama 75 menit yang berakhir dengan skor 14-21, 21-17, 21-13.

Di perempat final, Greysia/Apriani akan berhadapan dengan unggulan satu asal Jepang, Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi. Laga ini sendiri akan menjadi pertemuan pertama bagi kedua pasangan tersebut.

Selanjutnya, adalah Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie di tunggal putra. Ginting sukses melaju ke putaran perempat final usai menumbangkan pemain Hong Kong unggulan enam Ng Ka Long Angus dengan dua gim langsung 21-18, 21-18.

Kemenangan itu sendiri merupakan pembalasan Ginting yang baru mengantongi satu kemenangan dan tiga kali kekalahan dalam empat kali pertemuan sebelumnya, termasuk pertemuan terakhir mereka di Malaysia Masters 2017 lalu. Saat itu, Ginting kalah dengan skor 18-21, 15-21.

Adapun Jonatan Christie, berhak melaju ke perempat final Korea Terbuka 2017 setelah mengalahkan wakil Brazil Ygor Coelho 21-16, 21-14.

Sementara Ginting akan menghadapi Kenta Nishimoto asal Jepang yang sebelumnya menumbangkan wakil Prancis Brice Leverdez 21-19, 21-13, Jonatan-pun akan menghadapi wakil Jepang Kazumasa Sakai yang sebelumnya mengandaskan Anders Antonsen (Denmark) 9-21, 21-16, 21-6.

Dua wakil Indonesia lainnya, datang dari ganda campuran dan putra melalui Praveen Jordan/Debby Susanto serta Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Praveen/Debby menjadi wakil Indonesia di ganda campuran setelah mereka sukses memulangkan wakil Thailand Bodin Isara/Savitree Amitrapai dalam pertarungan dua gim berkesudahan 21-16, 21-10.

Sedangkan Marcus/Kevin menjadi wakil Indonesia di ganda putra selepas sukses menjegal langkah pasangan Malaysia Ong Yew Sin/Teo Ee Yi di putaran dua dengan kemenangan dalam pertarungan dua gim berkesudahan 21-16, 22-20.

Di perempat final, Praveen/Debby akan menghadapi pasangan Jepang yang datang dari babak kualifikasi, Takuro Hoki/Sayaka Hirota. Duet Jepang tersebut melaju ke perempat final setelah menumbangkan pasangan Taiwan Wang Chi-lin/Lee Chia Hsin 15-21, 21-18, 21-19.

Sementara Marcus/Kevin akan menghadapi pasangan ganda putra Liu Cheng/Zhang Nan dari China yang meretas jalan ke perempat final dengan menumbangkan wakil Taiwan Lu Ching Yao/Yang Po Han 21-13, 21-11.

Adapun di tunggal putri, Indonesia tidak lagi memiliki wakil selepas satu-satunya wakil Merah Putih tersisa di nomor itu, Gregoria Mariska Tunjung, belum berhasil menjejakkan kaki ke perempat final Korea Terbuka 2017.

Atlet tunggal putri Pelatnas PBSI Cipayung ini harus terhenti di putaran dua, usai menelan kekalahan dari wakil Hong Kong Yip Pu Yin dalam pertarungan dua gim selama 35 menit yang berkesudahan 16-21, 14-21.

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar