Surabaya (ANTARA News) - Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf pada Minggu mengikuti kegiatan jalan sehat bershalawat bersama para peserta yang mengenakan sarung.

Wakil Ketua Komisi C DPRD Jawa Timur Buchori Imron, perangkat kelurahan dan Muspika Kecamatan Kenjeran serta ribuan warga Bulak Banteng ikut ambil bagian dalam kegiatan jalan sehat  yang digelar Karang Taruna "Kerabat" RW VIII Bulak Banteng Wetan di Surabaya itu.

"Sarung adalah budaya Indonesia. Kalau bukan kita, siapa yang melestarikannya," kata Saifullah Yusuf, yang sering disapa Gus Ipul, itu di sela jalan sehat bershalawat.

"Jalan sehat sudah pasti sehat, ditambah lagi iringan bacaan shalawat dan kalimat puji-pujian terhadap Allah SWT, bahkan dilakukan dengan menggunakan sarung yang sejatinya memiliki banyak fungsi," kata Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama tersebut.

Ia menyebut penyelenggaraan kegiatan jalan sehat sarungan dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1439 Hijriah itu sebagai salah satu upaya melestarikan tradisi.

"Tidak hanya tahun baru Masehi saja, tapi justru Tahun Baru Islam atau Hijriah ini harus disambut gembira dan suka cita," katanya.

Gus Ipul juga mengingatkan warga agar selalu menjaga kesehatannya dengan gemar berolahraga, gemar makan buah, sayur dan ikan, serta periksa kesehatan setiap enam bulan sekali.


Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017