Cisarua, Bogor (ANTARA News) - Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor (Satlantas Polres) Bogor, Jawa Barat mengimbau masyarakat menghindari jalur Puncak Bogor-Cianjur hingga sekitar pukul 13.00 WIB Sabtu (21/10) ini.

"Sekarang masih satu arah ke arah puncak, dari Cianjur ke arah Bogor juga padat, crowded di Gunung Mas," kata Kasatlantas Polres Bogor, AKP Hasby Ristama di Puncak Bogor, Sabtu.

Ia menyampaikan melihat situasi yang ada, diperkirakan kemacetan terurai setelah kendaraan dari arah Cianjur juga mulai berkurang sambil pengamanan acara Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno selesai di area Puncak siang nanti.

Hingga pukul 09.40 WIB kata dia kemacetan telah terjadi dari Pintu keluar gerbang Tol Ciawi hingga simpang Gadog sepanjang 10 kilometer (km).

Selain itu, hal yang sama juga terjadi dari arah Cianjur karena merupakan akhir pekan pada akhir bulan, jelas Hasby lebih lanjut.

Kepolisian telah menyiapkan 150 anggota yang bersiaga memuluskan satu arah ke Puncak, terdiri atas 100 orang Satlantas dan 50 orang anggota pengendalian masyarakat (Dalmas) untuk mengurai kemacetan.

Sebab, kata dia diperkirakan hingga pukul 10.00 WIB lebih, kendaraan masih padat untuk ke jalur atas Puncak.

"Jadi ini bisa sampai jam satu lebih macetnya, baru terurai," ujarnya.

AKP Hasby menyarankan pengguna kendaraan yang belum memasuki tol Ciawi atau sekitar gadog untuk berbalik arah mencari alternatif lain untuk mengurangi antrean.

Selain itu, dengan cuaca yang sering mendung dan hujan pengendara diharapkan mengecek betul kondisi mesin, ban dan rem kendaraan dengan baik sebelum memasuki wilayah padat dan terjal.

Pewarta: Linna Susanti & Mayolus Fajar D
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017