Palembang (ANTARA News) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menghadiri aksi kebangsaan bersama ribuan mahasiswa dan sivitas akademika prrguruan tinggi negeri dan swasta se-Sumatera Selatan di Griya Agung Palembang, Sabtu. Budi juga mengajak masyarakat untuk melawan radikalisme.

Aksi Kebangsaan Perguruan Tinggi dan Sivitas Akademika Melawan Radikalisme se-Sumatera Selatan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda diawali dengan pernyataan sikap dan orasi kebhinekaan oleh perwakilan dosen dan mahasiwa dari berbagai daerah di provinsi ini dengan disaksikan Gubernur Sumatera Selatan Alex Nurdin dan Kapolda Irjen Pol Zulkarnain.

Budi mengatakan acara yang digelar di Palembang ini juga dilakukan di daerah lain.

Secara nasional dilakukan orasi kebhinekaan ribuan guru besar/profesor, doktor, dan magister pimpinan perguruan tinggi.  Selain itu juga deklarasi kebangsaan oleh 4,5 juta mahasiswa dari 3.000 lebih perguruan tinggi di 350 kabupaten/kota di 34 provinsi termasuk Sumsel, kata Budi.

Menurut dia, radikalisme perlu dilawan bersama-sama, jangan biarkan berkembang di negara yang cinta damai dan menjunjung tinggi kebhinekaan dan nilai-nilai Pancasila seperti Indonesia.

Masyarakat dan tatanan yang tertib seperti sekarang jangan sampai dirusak oleh kelompok-kelompok yang mengembangkan gerakan radikalisme, kata Budi.

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017