Bandung (ANTARA News) - Kebun Binatang Bandung kini memiliki Zoo Educator, pemandu yang bertugas memberikan informasi mengenai hewan dan tumbuhan koleksi kebun binatang kepada pengunjung.

"Kami memiliki 17 ZE (Zoo Educator) yang berasal dari relawan yang diresmikan sejak 25 Oktober," kata pejabat komunikasi pemasaran Kebun Binatang Bandung Aan Sulhan di Bandung, Minggu.

Aan mengatakan Kebun Binatang Bandung (KBB) sengaja merekrut relawan, khususnya dari para pecinta hewan, untuk menyampaikan informasi mengenai koleksi kebun binatang kepada pengunjung anak-anak.

Sebelum diterjunkan, mereka terlebih dulu mendapat pelatihan selama tiga hari mengenai ketrampilan berbicara di depan umum dan pengetahuan soal satwa dan tumbuhan di KBB.

"Sebelum mereka bertugas menjadi relawan, kita training dulu selama tiga hari. Para ZE kami telah dilatih cara berbicara dan bersikap pada pengunjung untuk semua level usia," katanya.

Zoo Educator, ia menjelaskan, akan membantu anak-anak dan kelompok siswa yang belajar tentang satwa dan tumbuhan di kebun binatang.

"Grup dari berbagai sekolah di Bandung dan Jawa Barat sangat sering berkunjung ke sini. Dan memang kami menggenjot pengunjung grup di luar Minggu atau hari libur lainnya," kata dia.

Aan berharap kehadiran Zoo Educator bisa membantu para pengunjung menambah pengetahuan tentang satwa dan tetumbuhan, terutama yang sudah terancam punah.


Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2017