Bukittinggi (ANTARA News) - Pemerintah Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), menyiapkan lokasi di Pasar Banto sebagai tempat penampungan sementara bagi pedagang yang terdampak langsung kebakaran Pasar Atas pada Senin pagi.

Wali Kota setempat, M Ramlan Nurmatias di Bukittinggi, Senin, mengatakan lokasi yang direncanakan sebagai tempat relokasi yaitu di daerah Pasar Banto tepatnya di Jalan Perintis Kemerdekaan.

Ia menerangkan pemerintah setempat memerlukan waktu untuk mengkaji lokasi-lokasi lain mana saja yang memungkinkan dijadikan sebagai tempat penampungan.

"Butuh waktu, namun memang harus dilakukan dengan segera agar ekonomi masyarakat tetap hidup," katanya.

Ia menyebutkan sementara ini pemerintah berencana menyediakan tempat penampungan di Jalan Perintis Kemerdekaan dan melakukan peninjauan ke lokasi itu dengan melakukan pengukuran jalan.

"Kita tinjau dulu di Jalan Perintis Kemerdekaan, berapa lebar jalan dan jumlah kios sementara yang memungkinkan dibangun di sini," ujarnya.

Pihaknya membentuk tim dari dinas terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan untuk persiapan penyediaan kios sementara bagi pedagang.

Selain itu pihaknya juga menugaskan dinas terkait melakukan pendataan ulang di lokasi kebakaran mengenai kepastian jumlah pedagang yang terdampak dari peristiwa kebakaran.

Kebakaran terjadi di pusat pertokoan Pasar Atas Bukittinggi pada Senin(30/10) pagi.

Pewarta: Irfan Taufik
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2017