counter

Bappenas-Kadin kembali ajak swasta investasi di infrastruktur

Bappenas-Kadin kembali ajak swasta investasi di infrastruktur

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro (ANTARA /HO/Hidayat)

Jakarta (ANTARA News) - Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) kembali mengajak swasta untuk berinvestasi di infrastruktur melalui Indonesia Infrastructure Week (IIW) 2017 yang akan digelar 8-10 November 2017 di Jakarta Convention Center.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro di Jakarta, Senin, mengatakan dalam rangka percepatan penyediaan infrastruktur, peran serta seluruh komponen bangsa sangat diperlukan, termasuk peran swasta yang memiliki kemampuan finansial, pengalaman, dan teknologi dalam penyediaan infrastruktur.

Dia mengatakan tujuan dari IIW 2017 adalah mendorong sektor swasta untuk lebih berpartisipasi dalam usaha percepatan pembangunan infrastruktur Indonesia, mempromosikan proyek-proyek infrastruktur yang menarik dan "bankable" dari berbagai sektor, mempertemukan para pemangku kepentingan baik dari segi regulator, financier, investor, pemilik proyek, supplier, distributor dan kontraktor.

Selain itu, untuk memberikan pandangan dan wawasan perihal iklim investasi dan kondisi ekonomi dalam mendukung percepatan infrastruktur di Indonesia.

IIW merupakan ajang tahunan yang telah memasuki edisi kelima. IIW 2017 yang akan berlangsung pada 8-10 November 2017 di Jakarta Convention Center akan mengusung tema "Bringing Together the Public and Private Sector in Support of Indonesias Critical Infrastructure Development".

Mengingat pembangunan infrastruktur juga merupakan isu sentral pembangunan di dunia, maka IIW 2017 juga merupakan bagian dari program Voyage to Indonesia dalam rangka pelaksanaan Annual Meeting International Monetary Fund-World Bank yang akan dilaksanakan pada Oktober 2018 mendatang di Nusa Dua, Bali.

IIW 2017 terdiri atas dua kegiatan utama, yaitu kegiatan seminar dan pameran. Seminar Infrafinance yang dilaksanakan pada 8 November 2017 meliputi tiga sesi diskusi panel. Sesi pertama membahas topik kondisi infrastruktur Indonesia saat ini, mencakup perkembangan, pelaksanaan dan tantangan.

Sesi kedua membahas masa depan pendanaan infrastruktur di Indonesia. Sesi ketiga mengulas serta mengidentifikasi pasar proyek-proyek infrastruktur serta knowledge sharing dari para pelaku bisnis di sektor infrastruktur.

Pembicara pada Infrafinance berasal dari berbagai kalangan, yakni dari unsur pemerintah, lembaga kerja sama pembangunan internasional, pengusaha nasional maupun internasional, ahli hukum, dan akademisi. Selain itu, akan diadakan pula Investment Partnership Ceremonial antara PT Nusantara Infrastructure dengan investor strategis di bidang infrastruktur, terutama di bidang jalan tol, Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM), dan
pembangkit listrik.

Pada 9-10 November 2017, IIW akan mengadakan berbagai forum diskusi yang mencakup topik infrastruktur secara spesifik seperti Infraport, Infrarail, Infratraffic, Infrawater, Special Economic & Industrial Zone, dan Jakarta Infrastructure Forum.

Selain seminar, kegiatan yang tidak kalah penting adalah pameran dengan lebih dari 200 stan di areal seluas 11.600 meter persegi yang diikuti oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN dan sektor swasta. Pameran tersebut akan diselenggarakan pada 8-10 November 2017.

(T.C005/B008)

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Batam kebut peningkatan infrastruktur untuk dongkrak investasi

Komentar