Saya mau berbicara dengan mereka tentang harapan-harapan saya untuk tim nasional
Jakarta  (ANTARA News) - Pelatih baru tim nasional bola basket putra Indonesia Fictor Gideon Roring memantau para pemain yang berlaga di Perbasi Cup 2017 guna mencari komposisi skuat untuk timnas.

"Saya tentu saja memonitoring Perbasi Cup ini, juga IBL nanti," ujar Roring di Jakarta, Jumat.

Pelatih yang akrab disapa Ito ini melanjutkan, dirinya ingin kerangka timnas putra terbentuk secepat mungkin.

Bahkan, Ito berencana memanggil semua pemain pilihannya sebelum Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2017-2018 mulai bergulir pada 8 Desember 2017.

"Saya mau berbicara dengan mereka tentang harapan-harapan saya untuk tim nasional," kata pria yang kini aktif di Pelita Jaya EMP Jakarta sebagai penasehat tim.

Fictor Roring resmi ditunjuk oleh Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) sebagai pelatih tim nasional bola basket putra Indonesia menggantikan Wahyu Widayat Jati. Adapun sebagai asistennya, Ito memilih pelatih Pelita Jaya EMP Jakarta Johannis Winar.

Ito ditugaskan untuk memimpin timnas di Asian Games 2018 di Indonesia dan SEA Games 2019 di Filipina.

"Kami menunjuk Fictor Roring melatih timnas putra. Sementara untuk timnas putri masih menunggu proposal dari manajer," tutur Ketua Badan Tim Nasional Syailendra Bakrie dalam pesan singkatnya kepada Antara.

Fictor Gideon Roring bukanlah sosok yang benar-benar baru di tim nasional bola basket putra Indonesia. Ito sudah beberapa kali melatih timnas dan mencatatkan prestasi terbaik meraih medali perak masing-masing di SEA Games 2007, Thailand dan SEA Games 2015, Singapura.

Sebagai pemain, dia pernah membela timnas Indonesia kala merebut medali perak di SEA Games 2001, Kuala Lumpur.

Pewarta: Michael Teguh Adiputra S
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017