Saya harap tahun depan saya bisa menerbitkan satu judul baru, minimal tiga bulan sekali."
Jakarta (ANTARA News) - Mumetnya dunia kedokteran bisa dipahami dengan lebih mudah lewat komik "Simple Notes of ECG" yang dibuat oleh dokter Dike Hanurafinova Afifi.

Karya yang diklaim sebagai komik pembelajaran kedokteran pertama di Indonesia itu berawal dari kreativitas Dike membuat catatan tentang EKG (elektrokardiogram) yang mudah dipahami.

"Simple Notes of ECG" awalnya diperjualbelikan secara internal di kalangan kampus sebelum akhirnya resmi diterbitkan tiga tahun setelah pertama kali dibuat.

"Profesi utama saya adalah dokter, jadi saya baru bisa menulis di sela-sela waktu senggang," ujar Dike, "Meskipun buku ini berisi komik, konten dalam buku ini tetap dijaga dengan gaya penulisan yang ilmiah," imbuh dia.

Lulusan Kedokteran Universitas Negeri Jenderal Soedirman Purwokerto itu berharap karyanya tak hanya bisa dinikmati dokter atau mahasiswa kedokteran, tetapi juga kalangan di luar dunia kesehatan.

Dike menambahkan dirinya sedang mempersiapkan enam judul buku lain, yakni "Simple Notes of Cardiology", "Simple Notes of Respirology", "Simple Notes of Endocrinology", "Simple Notes of Urology", "Simple Notes of Digestive" dan "Simple Notes of Neurology".

"Saya harap tahun depan saya bisa menerbitkan satu judul baru, minimal tiga bulan sekali," katanya.


Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017