Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah karateka pelatnas binaan PB Forki mendominasi ajang uji coba Asian Games 2018 di GOR POPKI Cibubur, Jakarta, Sabtu.

Dalam ajang uji coba pesta olah raga Asia yang berlangsung dua hari sejak Sabtu (9/12), dari delapan kelas yang dipertandingkan pada hari pertama, empat diantaranya dikuasai atlet pelatnas PB Forki yang membawa bendera daerah atau perguruan masing-masing.

Atlet INKAI Ahmad Zigi Zaresta memenangi nomor kata perorangan putra senior dan Sisilia Agustiani Ora dari Jawa Timur sukses di kata perorangan putri senior.

Sementara di nomor kumite, Sandy Firmansyah menjadi yang terbaik di Kumite -75 kg senior (Jawa Barat), dan Dessyinta Banjera (Sumatera Utara) nomor kumite +68 kg putri senior, dan satu karateka binaan pelatnas lainnya, Ceyco Georgia Zefanya, asal DKI Jakarta hanya mendapatkan medali perak setelah ditaklukkan Thessalonika P dari Inkai di Final kumite kelas -68 kg putri.

Pada tiga kelas lainnya medali emas jatuh ke tangan Romario Setiamu (Jawa Barat) di nomor kumite kelas -84 kg putra senior, I Made Budi Kertiyasa (Bali) di nomor kumite +84 kg, dan karateka Sumatera Utara Tri Winarni di nomor kumite putri senior kelas -61 kg.

"Kami senang mereka bisa tampil bagus. Padahal, sebetulnya mereka baru pulang dari Kejuaraan Karate di Okinawa, Jepang," kata salah satu pelatih pelatnas, Phillip King.

Uji coba Karate Road to Asian Games 2018 diikuti 249 karateka dari delapan perguruan dan lima belas provinsi. Ajang itu dibuka secara resmi oleh Wakil Deputi Inasgoc Djoko Pramono, Sabtu pagi.

Djoko mengatakan, uji coba ke-33 karate itu untuk mengetahui kesiapan panitia yang akan bertugas pada Asian Games 2018, termasuk kesiapan perangkat pertandingan seperti matras dan wasit yang akan memimpin pertandingan.

"Pesan saya adalah setelah Test Event ini, dilihat di mana kelemahannya, khususnya untuk event organizer-nya," kata Djoko.

Sementara Sekjen PB Forki Lumban Sianipar mengatakan uji coba itu merupakan ajang seleksi karateka yang akan dipersiapkan ke Asian Games 2018.

"Dari test ini kami akan mencari yang terbaik dari yang terbaik. Ini merupakan kejurnas antarmaster," katanya. Uji coba akan ditutup pada Minggu (10/12) di GOR POPKI, Cibubur.

Pewarta: Aris Budiman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017