... nach Indonesia (itu) ANTARA...
Jakarta (ANTARA News) - Musisi Yovie Widyanto mengaku telah mengenal Kantor Berita ANTARA sejak di bangku Sekolah Dasar.

"Dari SD suka ada pertanyaan kantor berita Indonesia apa, kalau di Prancis apa, di Amerika apa, nach Indonesia (itu) ANTARA," kata Yovie kepada ANTARA News saat ditemui dalam acara HUT ke-80 Kantor Berita ANTARA, di Wisma Antara, Jakarta, Rabu.

"Pada waktu itu khan sumber-sumber berita sangat terseleksi sehingga ada semacam kuratornya yang sangat resmi sehingga berita-berita itu tampak sangat solid tetapi terarah," sambung dia.

Seiring dengan perkembangan jaman, Yovie tidak menampik membaca berita melalui perangkat digital atau secara dalam jaringan. Meski begitu, dia mengaku menyeleksi beberapa portal berita yang memiliki kredibilitas terpercaya, termasuk portal berita www.antaranews.com yang Anda baca ini.

Hal itu, menurut dia perlu dilakukan, terlebih saat ini hoax menyerupai berita. Dia juga menyarankan agar pembaca kini lebih bijak dalam menyikapi hoax dengan tidak menelan semua berita secara serta merta.

"Dari pada kita tergeret pada satu hal yang tidak pasti dan membahayakan persepsi lebih baik saya mencari yang pasti dicek dulu keakurasiannya," kata Yovie.

Yovie sendiri mengaku jarang membagikan berita di sosial media. "Karena sudah terlalu banyak sumber berita tapi saya rasanya mungkin hanya kadang-kadang memberikan sedikit membagi pemikiran mengenai sesuatu dengan cara yang lentur artinya diharapkan tidak menimbulkan pro-kontra," ujar dia.

"Saya yang bagian adem-ademnya agar masyarakat mendapat pilihan lain dalam mendapatkan input atau dapat memberikan inspirasi," tambah dia.


Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2017